oleh

Summit Tapteng 2022 Sukses Dan Meriah

Rakyatsumut.com, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Pariwisata menggelar even kepariwisataan di Pantai Indah Pandan (PIP). Even yang berlangsung selama dua hari berturut-turut itu berjalan sukses dan meriah, serta dihadiri puluhan ribu masyarakat.

Di hari pertama kegiatan, Rabu (18/5/2022), digelar budaya Kenduri Laut dan makan bersama dengan para nelayan yang dilanjutkan dengan pelepasan rabong (rumah ikan) ke tengah laut oleh Bupati dan Wakil Bupati Tapteng.

Di acara ini, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul beserta istri dikenakan pakaian adat pesisir, dan juga diupah-upah oleh para tokoh masyarakat pesisir, dengan doa dan harapan, agar Bupati dan Wakil Bupati, serta keluarga diberikan kesehatan dan dapat melanjutkan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Di kegiatan malam harinya, kembali Bupati dan Wakil Bupati berserta Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Tapteng disematkan pakaian adat Batak Toba. Puluhan ribu masyarakat berkumpul menyaksikan langsung prosesi adat Batak Toba yang dikemas dalam acara “Beta Manortor” atau dalam Bahasa Batak disebut Gondang Sabangunan.

Di acara ini, para tokoh masyarakat Batak Toba menyematkan pakaian ulos Batak Toba, pemberian Pisau (Piso Halasan), Tongkat (Tungkot Tunggal Panauluan) kepada Bupati yang dibarengi dengan harapan agar Bupati dan Wakil Bupati dapat melanjutkan pembangunan dan memimpin Tapteng di periode berikutnya.

“Inilah bukti kecintaan kami masyarakat Batak yang ada di Tapanuli Tengah ini Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati. Dengan disematkannya pakaian adat Batak ini, itu sebagai bukti kecintaan kami dan doa kami agar Tuhan mengabulkan segala doa dan harapan agar Bapak berkenan maju lagi melanjutkan pembangunan di Tapteng ini,” ungkap Maruli Firman Lubis, selaku Ketua Umum Lembaga Adat Batak Dalihan Natolu (LABDN) Tapanuli Tengah.

Di hari kedua kegiatan Summit Tapteng 2022, dua puluh kecamatan yang ada di Tapteng membawa hasil bumi (Silua) dari masing-masing kecamatan. Silua ini dipersembahkan kepada Bupati Tapteng sebagai bukti suburnya wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, serta kayanya hasil bumi Tapteng.

Bupati beserta Wakil Bupati, dan istri, serta Forkopimda Tapteng tampak bangga melihat hasil-hasil bumi yang dipersembahkan. Bupati pun membagi-bagikan hasil bumi itu kepada masyarakat dan diikuti dengan makan bersama.

Di malam harinya, yaitu acara Puncak Tapteng Summit 2022, Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan pesan pembangunan dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan semua pihak yang sudah mendukung pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah di periode pertama kepemimpinan mereka.

Secara live Bupati Bakhtiar memaparkan pembangunan di berbagai sektor yang sudah dikerjakan. Mulai dari pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, kelautan dan perikanan, bantuan sosial, bantuan rehap rumah, keagamaan, dan sektor lainnya.

Bupati Bakhtiar mengakui di tengah situasi pandemi COVID-19 dia harus bekerja keras mengejar pembangunan di berbagai sektor, meskipun anggaran banyak yang dipotong. Berkat kekompakan dan dukungan dari legislatif dan masyarakat, ketertinggalan itu dapat dikejar meskipun belum tuntas.

“Untuk itu, kami memohon maaf kepada seluruh masyarakat Tapanuli Tengah selama lima tahun kepemimpinan kami bersama dengan Wakil Bupati, Bapak Darwin Sitompul, yang barang tentu memiliki kekurangan atau kesalahan selaku makhluk ciptaan Tuhan, supaya kiranya kami dimaafkan. Banyak hal yang sudah kita raih, termasuk Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI dua kali berturut-turut. Di mana sejak ada Pemerintah Tapanuli Tengah ini, belum pernah meraihnya, dan baru di masa kami selaku putra daerah memimpin Tapteng, itu dapat diraih langsung dua kali berturut-turut,” ungkapnya yang disambut dengan tepuk tangan dari puluhan ribu masyarakat yang berkumpul.

Atas dasar itulah, putra kelahiran Barus ini memohon agar apa yang sudah dibangun dapat dijaga dan dirawat. Terkait apakah mereka akan mencalon lagi menjadi Bupati Tapteng dan Wakil Bupati Tapteng, seperti yang diharapkan oleh masyarakat, nanti akan mereka sampaikan, karena pemilihan Bupati masih jauh yakni tahun 2024.

Di kesempatan itu, Bupati Bakhtiar juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi dinas, kepada ASN/PNS/Pegawai Honor Pemkab Tapteng yang telah bersama-sama dalam melaksanakan tugas. Dia berpesan, agar semangat kerja terus ditingkatkan, dan kekompakan harus tetap dijaga.

Secara khusus Bupati Bakhtiar mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Tapteng di bawah pimpinan Samson Panggabean yang telah sukses menggelar kegiatan Tapteng Summit 2022. Melalui kegiatan tersebut kata Bupati, masyarakat semakin tahu akan kekayaan dan keindahan alam dan pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Sekali lagi, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tapanuli Tengah atas kerja sama yang baik, kiranya Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT memberikan rahmat dan kesehatan untuk kita semuanya,” ucap Bupati Bakhtiar mengakhiri sambutannya sembari menutup kegiatan Summit Tapteng 2022.

Acara Summit Tapteng 2022 ini turut dimeriahkan artis-artis ibu kota, seperti Ridwan LIDA, Putri Silitonga, Style Voice, dan artis-artis lokal dari Kabupaten Tapanuli Tengah.

Editor: Damai

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed