oleh

Peringatan HUT Kabupaten Toba ke-23, Wujudkan Toba Tanpa Sampah

akyatsumut.com, Bupati Kabupaten Toba Ir Poltak Sitorus mengajak seluruh masyarakat secara sadar memulai gerakan pilah sampah rumah tangga dan diserahkan ke Bank Sampah.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meminimalisir resiko pencemaran dan memudahkan pembuangan serta pengolahan kembali. “Untuk mendukung kegiatan tersebut, kami berencana membentuk program kerjasama pengelolaan sampah Bersama dengan Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG),” kata Bupati Poltak.

Pesan dan ajakan memelihara lingkungan agar tak tercemar, disampaikan Bupati saat
acara webinar dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Toba ke-23, dan Pemerintah
Kabupaten Toba meresmikan Bank Sampah Induk Tarhilala, sekaligus memperingati Hari
Peduli Sampah Nasional.

Webinar bertajuk “Wujudkan Toba Unggul Dan Bersinar Dengan Meningkatkan Gotong Royong Menjaga Kebersihan, Kelola Sampah, dan Memanfaatkan Bank Sampah”.

kegiatan ini diselenggarakan pada Senin, 7 Maret 2022. Agenda utama yang akan diterapkan guna meningkatkan kemampuan pengelolaan Bank Sampah Induk Tarhilala diantaranya melakukan kegiatan edukasi pengelolaan sampah, reward dan control system agar manfaat dari pengolaan sampah dapat dirasakan oleh semua
masyarakat.

Hal ini demi mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar. Selain dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Toba, acara ini juga dihadiri Akmal Syahputra dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, Prof. Enri Damanhuri selaku Guru Besar ITB sekaligus inisiator pendirian PDU dan Bank Sampah IAS Toba, serta Fei Febri selaku Direktur Bank Sampah Bersinar.

Bank Sampah Bersinar telah lebih dari setahun melakukan pendampingan Bank Sampah Induk Kabupaten Toba melalui program yang diusung oleh Kemenkomarves dan dukungan penuh dari PTTEP Indonesia.

“Dalam setahun, sudah terbentuk lebih dari 60 Bank Sampah Unit baru di Kabupaten Toba, dan terus bertambah setiap harinya,” ujar Fei Febri.

Sementara itu, pola penanganan sampah yang akan diterapkan di Bank Sampah Induk Tarhilala diantaranya ialah edukasi yang merupakan kunci pengelolaan sampah melalui program bank sampah, reward dan control system.

Bupati Kabupaten Toba menyampaikan agar masyarakat mendukung penuh gerakan tarhilala dan merasakan manfaat dari pengelolaan sampah yang baik dan bertanggungjawab, untuk mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar.

sumber: rilis pers.
editor: Rommy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed