oleh

Dosen Muda USU Latih Pokdarwis di Namu Suro Baru Tentang Dua Aspek Strategis

Rakyatsumut.com, Dosen Muda Universitas Sumatera Utara (USU) melatih Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Namu Suro Baru, Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (21/8/2021).

Dipimpin Ketua Tim pengabdian, Munzaimah M. S.Sos., M.Ikom dan anggota pengabdian Arief Marizki Purba SE., S.Sos., M.Ikom, pelatihan tersebut menyasar dua aspek strategis, Pelatihan Manajemen Pariwisata dan Marketing Digital.

“Dua topik pelatihan ini dipilih oleh tim pengabdian setelah melihat bahwa Pokdarwis yang di SK-kan oleh dinas Pariwisata Kabupaten Deliserdang ini masih butuh penguatan di internal organisasi dan pemasaran di dunia digital,” kata Munzaimah dalam siaran pers, Minggu (22/8/2021).

Dijelaskan, pelatihan tersebut dilaksanakan dalam dua tahap. Topik Manajemen Usaha Pariwisata Sabtu 24 Juli 2021 lalu. Paparan materi, selain diisi para dosen, juga menghadirkan praktisi usaha wisata outdoor Saipul yang merupakan pendiri dan pemilik outlet Sohibcamp.

“Pelatihan manajemen usaha pariwisata ini diikuti oleh 30 orang pengurus Pokdarwis,” sebut Munzaimah.

Foto bersama Ketua Tim pengabdian, Munzaimah M. S.Sos., M.Ikom dan anggota Pokdarwis Waras Nasuba. Foto: istimewa
Foto bersama Ketua Tim pengabdian, Munzaimah M. S.Sos., M.Ikom dan anggota Pokdarwis Waras Nasuba. Foto: istimewa

Dilanjut dengan topik kedua tentang marketing digital yang berlangsung Minggu 21 Agustus 2021. Pelatihan kedua ini diisi sepenuhnya oleh ketua tim Munzaimah sebagai pemateri.

Pelatihan memfokuskan materi pada trik dan tips memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan secara digital Wisata Alam Namu Suro Baru yang dikelola Pokdarwis yang menyebut diri Pokdarwis Waras Nasuba. Pelatihan kedua ini diikuti 5 orang pengurus.

“Dengan terlaksananya program pengabdian dosen muda USU bermitra dengan Pokdarwis Waras Nasuba, diharapkan semakin meningkatkan daya saing pariwisata lokal khususnya didaerah desa Namu Suro Baru,” ujar Munzaimah sembari menyebut, bahwa diakhir kegiatan pengabdian, pihaknya menyumbangkan 3 set tenda untuk pokdarwis Waras Nasuba.

“Agar dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pariwisata di lokasi mereka,” tutup Munzaimah.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed