oleh

Agincourt Resources Raih Best of The Best dalam Ajang CSR Indonesia Awards 2021

Rakyatsumut.com, PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe meraih penghargaan Best of The Best dalam ajang penganugerahan CSR Indonesia Awards 2021 dengan memborong 7 penghargaan dalam ajang yang digelar secara daring, Kamis (29/7/2021).

Tujuh penghargaan diraih PTAR dari enam kategori, yaitu kategori Cipta Karsa Mandiri (bidang UMKM) untuk program KUB Batik Tapsel yang meraih penghargaan BRONZE. Kategori Reka Karsa Sosial (bidang sosial) untuk program Pengembangan Akses dan Fasilitas Pertanian yakni Rambin dan sarana pendukung di Sikua Kua dan Pulo Godang meraih SILVER. Kategori Bangun Karsa Rupa (bidang sosial) untuk program Pengurangan Resiko Bencana melalui program Peningkatan Kapasitas Personil Tenaga Pemadam Kebakaran dan Relawan Desa Tangguh Bencana meraih penghargaan GOLD.

Kategori Didakta Pratama Unggul (bidang pendidikan) meraih penghargaan GOLD untuk program E-Coaching Jam Martabe dan BRONZE untuk program beasiswa Martabe Prestasi. Untuk kategori Karsa Budaya Prima (bidang budaya) melalui program Pelestarian Seni dan Budaya-Musik dan Tarian Tradisional Gondang dan Tari, meraih penghargaan GOLD. Sementara untuk kategori Cipta Guna Sehati (bidang kesehatan) meraih penghargaan SILVER untuk program peningkatan pelayanan Dokter Spesialis di puskesmas. Ketujuh penghargaan yang diraih menobatkan PTAR sebagai peraih Best of The Best dalam CSR Indonesia Awards 2021 sebagai perusahaan yang berkomitmen secara utuh dan berkesinambungan menjalankan program CSR yang berkelanjutan.

Pada saat penyerahan penghargaan, Christine Pepah, Senior Manager Community mewakili Management PTAR menyatakan terima kasih atas apresiasi tertinggi yang diberikan kepada PTAR melalui CSR Indonesia Awards 2021. Christine mengaku sangat bangga di mana semua program yang diikutsertakan dalam ajang CSR Indonesia Awards 2021 ini mendapatkan penghargaan.

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan yang diterima, ini menjadi penyemangat kami untuk lebih baik lagi dalam menjalankan berbagai program untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar kami. Ini adalah kerja keras tim,dan hanya bisa dicapai melalui komitmen perusahaan dan dukungan seluruh departemenserta kerjasama sinergis antara perusahaan, pemerintah, masyarakat sekitar Tambang Emas Martabe, serta pemangku kepentingan lainnya,” kata Christine.

Menurut Christine, menjalankan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di masa pandemi tentu ada tantangannya, yakni harus menyesuaikan dengan kenormalan baru dan protokol kesehatan yang ketat sehingga prosesnya tidak seperti saat normal dalam menjalankan program dan keterbatasan berinteraksi dengan masyarakat serta semua stakeholder.

“Tapi sebenarnya masa pandemi ini adalah saat di mana program untuk masyarakat sangat dibutuhkan serta membuka banyak peluang.Melalui kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan, kami berusaha memberi yang terbaik, menjalankan semua program yang sudah direncanakan dan mendukung penanganan Covid-19 seperti penyediaan alat kesehatan,vaksinasi, promosi kesehatan, donasi, dan upaya lainnya” kata dia.

Sementara itu, Senior Manager Corporate Communications, Katarina Siburian Hardono sangat bangga karena salah satu program CSR yang sudah berjalan konsisten selama 7 tahun, E-Coaching Jam Martabe berhasil mendapatkan pencapaian penghargaan lebih tinggi dari sebelumnya. Menurutnya apresiasi tertinggi yang diraih PTAR dalam CSR Indonesia Awards 2021 ini menunjukkan bahwa seluruh rangkaian program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan perusahaan telah memberikan dampak positif dan signifikan bagi masyarakat Indonesia dan Sumatera Utara umumnya dan khususnya masyarakat yang berada lingkar Tambang Emas Martabe.

Sebagai contoh, kata Katarina, Program E-Coaching Jam (ECJ) Tambang Emas Martabe yang meraih penghargaan GOLD, merupakan bentuk kontribusi perusahaan dalam bidang pendidikan di Indonesia. ECJ merupakan wadah bagi mahasiswa pertambangan di seluruh Indonesia untuk membekali diri dengan pengetahuan praktis dan aplikatif dari para pakar dan praktisi pertambangan. Diluncurkan pada tahun 2014, saat ini program ECJ tercatat telah melibatkan 43 pembina, 3.481 mahasiswa aktif dari ITM Medan, TP Medan, USU Medan, ITB & UNISBA Bandung, UNSRI Palembang, UNSYIAH Aceh, UGM, UNDIP, UPN, UNSOED, IST AKPRIND, ITB, UPN Yogyakarta dan beberapa lainnya.

“ECJ telah diakui oleh masyarakat luas serta mendapatkan penghargaan dalam ajang Indonesia CSR Awards 2019, dan di era pandemi Covid-19 ini kami masih terus berkomitmen menyelenggarakan ECJ secara daring,” kata Katarina. “Kami bangga program-program kami mendapat pengakuan melalui apresiasi CSR Indonesia Awards 2021 ini, semoga tahun depan bisa kembali memberikan yang terbaik,” kata Katarina.

CSR Indonesia Awards adalah sebuah ajang penghargaan bagi para penggiat CSR baik personal, perusahaan maupun pemerintah daerah (Pemda) Provinsi, Kabupaten maupun Kota. CSR Indonesia Awards 2021 ini digelar untuk ke-4 kalinya. Sebelumnya Majalah CSR Indonesia & Media Online Csr-Indonesia.com dan Meprindo Communications menggelar secara sukses dalam ajang CSR Indonesia Awards sejak 2017 di Jakarta, Bandung, Bali dan kini yang menjadi tuan rumah adalah Banten. Dalam ajang CSR Indonesia Awards, salah satu poin pembuktian/verifikasinya adalah publikasi dalam berbagai bentuk (reports) & channel termasuk di media massa, baik melalui siaran pers yang ditayangkan, ataupun tulisan jurnalistik hasil kunjungan dan/atau investigasi media massa.

Pada kali ini tema yang diusung CSR Indonesia Awards 2021 adalah “Challenges and Responsibilities of Companies to the Surounding Environment in The Era of The Covid-19 Pandemic”– Tantangan dan Tanggungjawab Perusahaan Terhadap Lingkungan Sekitar di Era Pandemi Covid-19. Selain menyiapkan 10 kategori penghargaan, dalam ajang ini juga diberikan Best of The Best, di mana semua yang terbaik dari seluruh program secara utuh dan berkesinambungan yang dijalankan oleh korporasi paling tidak selama 2 tahun berkelanjutan. Tahun ini, penilaian CSR Indonesia Awards 2021 yang melibatkan tim penilai aktivis CSR dari Akademisi, Pengamat, Praktisi dan juga Media menobatkan penghargaan Best of The Best bagi korporasi yang sustainable secara khusus, yakni kepada PT Agincourt Resources.

Editor: Rommy

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed