oleh

Bupati Bakhtiar Perintahkan Penyaluran Bantuan Kepada Warga Terdampak Bencana

Rakyatsumut.com,  Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani memerintahkan Dinas Sosial menyalurkan bantual awal kepada korban bencana alam angin kencang atau puting beliung, yang menimpa warga di sejumlah titik yang tersebar di beberapa kecamatan di daerah itu.

“Dalam beberapa hari ini, banyak rumah masyarakat yang rusak akibat bencana angin kencang dan badai. Bapak Bupati telah memerintahkan kami untuk segera memberikan bantuan awal kepada masyarakat terdampak bencana tersebut dan melakukan koordinasi dengan Camat dan instansi terkait dalam rangka menginventarisasi dan mengantisipasi dampak cuaca dalam beberapa hari ini,” kata kata Plt. Kadis Sosial Tapteng, Boy Rahman Hasibuan di Pandan, Sabtu (3/4/2021).

Disebutkan, sejak Kamis 1 April hingga Jumat 2 April, Pemkab Tapanuli Tengah melalui Dinsos telah memberikan Bantuan Awal kepada Masyarakat korban bencana alam.

Bantuan awal diberikan kepada 6 KK di Kecamatan Pandan, yaitu 3 KK warga yang rumahnya rusak akibat angin kencang di Desa Sitio-tio Hilir Kecamatan Pandan, yaitu Parsaulian Barasa, warga Dusun II, Khairuddin Sibagariang warga Dusun IV, dan Siti Asmariah Nasution warga Dusun IV. Di Kelurahan Muara Nibung sebanyak 1 KK atas nama Noria br Sitompul rumahnya rusak berat juga diakibatkan angin kencang.

Masih di Kecamatan Pandan, 2 KK warga Kelurahan Hajoran, yaitu Ibu Tarihoran dan Pak Tanjung, rumahnya yang berada di atas laut hanyut akibat badai.

Selanjutnya, Tim Dinsos Kabupaten Tapanuli Tengah mengantarkan bantuan awal korban bencana alam angin kencang yang merusak rumah warga di Kecamatan Andam Dewi, Kecamatan Barus Utara, Kecamatan Barus, dan Kecamatan Sorkam Barat.

Adapun nama Korban yang rumahnya rusak akibat angin kencang di Kecamatan Andam Dewi sebanyak 4 KK, yaitu atas nama Jonni Simarmata warga Dusun II Desa Lobu Tua, dan Rasmin Romanus Simanullang warga Dusun I Desa Lobu Tua. Kemudian, Irwansyah Simanjuntak warga Desa Sitiris-tiris, dan Japintas Marbun Warga Desa Sijungkang.

Selanjutnya, warga yang terdampak bencana alam angin kencang yang mengakibatkan rumahnya rusak sebanyak 1 KK di Kecamatan Barus Utara, yaitu Mawar Sihite warga Desa Sihorbo.

Di Kecamatan Barus, sebanyak 4 KK yang terdampak angin kencang, yaitu 1 KK di Desa Ujung Batu atas nama Armansa Tanjung, 3 KK di Lingkungan IV Kelurahan Padang Masiang atas nama Restina Simatupang, Hasmida Simamora, dan Togap Simamora.

Di Kecamatan Sorkam Barat, sebanyak 6 KK yang terdampak angin kencang, yaitu Irwan Hutagalung, Elli Sitanggang, Rosmina Manullang, Elmeria Situmeang, Sabda Harahap, dan Aminal Nasution, warga Lingkungan IV Kelurahan Binasi.

“Adapun Bantuan Awal yang kita berikan berupa Beras, Mie Instan, Telur, Velbet dan Kids Ware,” ucap Boy.

Dia menjelaskan, angin kencang mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga. Sebagian ada yang atapnya beterbangan, seperti di Desa Sitio-tio Hilir Kecamatan Pandan bencana alam ini merusak atap rumah warga, di Muara Nibung rumah warga tertimpa pohon, dan  di Kelurahan Hajoran, rumah warga  hanyut terbawa arus gelombang air laut.

“Di Kecamatan Andam Dewi, Barus Utara, dan Barus juga angin kencang mengakibatkan rumah rusak tertimpa pohon. Di Kecamatan Sorkam Barat Kelurahan Binasi juga ada rumah yang ditimpa pohon kelapa dan ada juga yang atap rumahnya beterbangan,” tutur Boy.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa akibat bencana alam tersebut. Saat ini jajaran Dinsos terus berkoordinasi, karena masih ada rumah warga di beberapa kecamatan terdampak bencana alam tersebut.

Turut memberikan bantuan awal itu, Kabid Linjamsos Dinsos Tapteng Linda Suriani Siahaan, Kasi Jaminan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Tapteng Frenny Pukka B. Panggabean, mewakili Camat dan para Kepala Desa dan Lurah di masing-masing lokasi bencana alam, serta Petugas Tagana Tapteng.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed