oleh

Pengusulan NIK Eliza Hutapea sebagai CPNS Akhirnya Diakomodir Menpan-RB

Rakyatsumut.com, Pengusulan Pemkab Tapteng untuk mengakomodir penetapan NIK atas nama Eliza Hutapea yang lulus CPNS tahun 2018, dan sempat viral dimedia sosial akhirnya diterima oleh Menpan-RB.

“Saya meminta maaf kepada pak Bupati Tapteng karena sempat berpikir buruk ke pihak Pemkab. Karena setelah saya melihat dokumen yang ditunjukkan, ternyata pak Bupati sudah berusaha memperjuangkan hak saya untuk mendapatkan status saya menjadi CPNS,” ungkap Eliza didampingi suaminya, Selasa (9/3/2021).

Selain viral media sosial, Eliza juga sempat menemui beberapa pihak untuk turut serta membantunya dalam memperjuangkan haknya yang dinyatakan lulus sebagai CPNS di Tapteng. Termasuk salah seorang pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea, Eliza pun menumpahkan keluhkesahnya melalui salah satu siaran Tv Nasional.

“Saya berusaha mati-matian cari ongkos datang ke Jakarta untuk menjumpai BKN pusat, saya bahkan menjual barang bekas biar ada ongkos,” katanya.

Di Jakarta, Eliza mengaku sempat putus asa. Perjuangan yang ia lakukan sepertinya sia-sia. BKN yang ditemui memberi rasa kecewa. Solusi baik yang diharapkan ternyata hanya impian semata.

“BKN saat itu menyuruh saya pulang dan mengambil ujian CPNS lagi tahun ini (2019),” ucapnya.

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani mengakui Eliza adalah sosok anak muda yang patut menjadi contoh. Perjuangan yang telah dilakukan patut diapresiasi.

“SK CPNS akan segera kita berikan kepada Eliza. Dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak yang membantu dalam masalah ini,” kata Bupati.

Bupati mengaku, saat itu pihaknya tidak lepas tangan atas permasalahan yang dihadapi Eliza. Berbagai upaya telah dilakukan agar hak Eliza mendapatkan status CPNS bisa didapat.

BKD Tapteng dalam masalah itu diminta agar menyurati BKN di Jakarta. Dalam surat yang bernomor 800/747/2019 tertanggal 22 Maret 2019, Bupati meminta agar Kemenpan RB mengakomodir dan melakukan perubahan kualifikasi pendidikan.

“Balasan surat Menpan RB nomor: B/395/SM.01.00/2019 tertanggal 29 maret dijelaskan bahwa surat permohonan kita tidak dapat dipertimbangkan, karena tidak sesuai ketentuan yang diatur dalam penerimaan CPNS tahun 2018,” kata Bupati.

“Sebelum masalah ini viral, kami sudah memberikan perhatian,” tambahnya.

Bupati mengakui, bahwa saat itu ada oknum yang masih mau memberi uang agar diloloskan untuk menjadi CPNS.

“Untuk perekrutan CPNS di Tapteng, saya menegaskan agar BKD jangan coba-coba untuk menerima uang satu persen pun itu,” kata Bupati.

“Kepada Eliza, selamat bertugas. Bekerjalah dengan baik untuk Nusa dan Bangsa, terutama untuk Tapteng,” tutupnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed