oleh

Sambut Tahun Baru 2021, Komantab Kembali Gelar Funcamp Lampion

Rakyatsumut.com, Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) menggelar Funcamp Lampion untuk kedua kalinya. Dengan momen yang sama di penghujung tahun.

Funcamp kali ini direncanakan akan berlangsung di objek wisata Pantai Indah Pandan (PIP), Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Berlangsung selama 2 hari, yakni Kamis hingga Jumat, tanggal 31 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021.

“Kegiatan kita beri nama funcamp lampion 2.0, kegiatan berisi aksi kemping melepas tahun 2020 dan menyambut tahun baru 2021,” kata Ketua Panitia Funcamp 2.0, Wahyu Safi’i dalam siaran pers, Kamis (17/12/2020).

Wahyu menyebut, seperti kegiatan tahun sebelumnya, funcamp tidak hanya diisi dengan kemping dan menghabiskan waktu mengisi detik-detik pergantian tahun.

Namun akan diisi rangkaian kegiatan untuk mengkampanyekan upaya perlindungan lingkungan dan alam, terutama di pantai barat Sumatera Utara.

“Sejatinya seluruh rangkaian kegiatan, disemangati kampanye melindungi alam dan lingkungan,” tutur Wahyu.

Misalnya, sosialisasi penyadartahuan tentang masa urai sampah plastik yang diaplikasikan dalam bentuk papan informasi dan simulasi. Akan ada juga ember pilah sampah yang dipajang sebagai bentuk sosialisasi.

Berlanjut, aksi kutip sampah di Pantai Indah Pandan (PIP) dimana aksi kemping berlangsung. Ada pula diskusi serta bioskok alam yang bertemakan lingkungan.

“Seperti biasa, kegiatan juga akan menerapkan aturan ketat soal penggunaan sampah plastik, misalnya penggunaan tumblr, dan plastik yang dihasilkan selama kegiatan kita wajibkan dikumpulkan peserta dan panitia. Khusus plastik panitia akan kita ecobrik, dan ini sudah kebiasaan di Komantab,” tukas Wahyu.

Dikatakan, khusus penggunaan lampion di detik-detik pergantian tahun, Wahyu menegaskan menggunakan lampion dari bahan baku yang mudah terurai atau biodegradable. Yakni berbahan kertas tipis, parafin dan bambu.

“Materialnya sangat mudah terurai, hanya hitungan hari. Dan, pelepasan lampion kita lakukan di pantai saat angin mengarah ke laut, artinya lampion akan jatuh ke laut dan tidak membahayakan hutan atau pemukiman,” kata Wahyu.

Sekretaris Panitia Funcamp, Jekson Hutabarat menambahkan, selain tema-tema lingkungan, Funcamp kali ini juga akan menghadirkan aksi permainan tradisional. Menurut Jekson, dua jenis permainan tradisional akan dilombakan kepada peserta, yakni Main Hadang bernama lokal Gala Hambek atau Gala Panjang dan permainan Bakiak.

“Kedua permainan tradisional akan berlangsung di pagi tanggal satu Januari, dan akan ada hadiah-hadiah menarik,” katanya.

Sementara itu, Jekson menegaskan kegiatan ini akan menerapkan aturan protokol kesehatan. Semua panitia dan peserta diwajibkan menggunakan masker sepanjang kegiatan berlangsung, pengukuran suhu tubuh dan menyediakan sarana cuci tangan di beberapa titik di lokasi kegiatan.

“Akan ada petugas khusus yang mengecek suhu tubuh dan penggunaan masker selama kegiatan,” kata Jekson.

Dijelaskan, bagi yang tertarik mengikuti kegiatan tersebut dan ingin mendapatkan informasi menyeluruh, dapat menghubungi panitia terutama narahubung kegiatan. Yakni Rara dan Yola, di nomor telepon 082273862099 dan 082273849096.

“Batas registrasi akan dilakukan tanggal 25 Desember, karena itu yuk segera registrasi dan persiapkan dirimu menyambut momen dan kesan yang tak akan terlupakan bersama kami di Funcamp Lampion Komantab 2.0,” tutup Jekson.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed