oleh

Psalmen Padang Sarankan KPU Lakukan Lebih Banyak Sosialisasi di Pilkada 2020

Rakyatsumut.com, Psalmen Padang, selaku Presidium Jaringan Pelindung Suara Rakyat (JAPRI) Sumut menyarankan KPU untuk melakukan lebih banyak sosialisasi terkait Pilkada mendatang, Tarutung, Senin (23/11/2020).

“Terkait Pemilu, KPU seharusnya lebih banyak membuat sosialisasi kepada masyarakat,” kata Psalmen.

Diketahui, tempo hari Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar simulasi atau peragaan proses pencoblosan di TPS (Tempat Pemungutan Suara) dengan protokol Covid-19.

Oleh sebab itu, kepada Rakyatsumut.com, demisioner Ketua Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Tapanuli Utara, Psalmen Padang menyebutkan, beberapa catatan yang harus dilaksanakan KPU nantinya pada saat pemilihan berlangsung adalah.

1. Penyemprotan disinfektan membutuhkan waktu sekitar 1 menit.

2. Mencuci tangan akan membutuhkan waktu 3 menit.

3. Cek suhu tubuh akan membutuhkan waktu 1 menit, dan yang terakhir

4. Pengurangan jumlah pemilih dalam lokasi TPS

Menurut dia, Pemilihan kepala daerah khususnya di 23 Kabupaten/Kota se-Sumut dan secara umum di seluruh Indonesia akan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk setiap orangnya.

“Hal yang harus diperhatikan adalah masalah waktu dan kesiapan KPU. Apakah bisa menampung seluruh pemilih dengan waktu yang sudah disediakan KPU untuk jumlah keseluruhan pemilih,” ucap Psalmen.

Belum lagi kalau ada yang reaktif, lanjut Psalmen, bagaimana untuk mengantisipasinya?

“Maka KPU harus lebih signifikan lagi mengkaji waktu dan jumlah pemilih di TPS supaya suara rakyat bisa tersampaikan dan terlindungi,” tegas Psalmen Padang.

Dikatakan, apabila waktu untuk memilih kurang, apa yang harus dilakukan KPU? Lalu, bagaimana dengan bilik pemungutan suara khusus untuk masyarakat yang terkonfirmasi covid-19?

“KPU belum ada yang melakukan sosialisasi, dan harus menjadi pertimbangan, karena stigma dari masyarakat kemungkinan ada, ketika sakit atau terinfeksi mungkin tidak mau datang ke TPS, untuk itu KPU harus bekerja keras untuk melaksanakan demokrasi ini,” pungkasnya.

Editor: Rommy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed