oleh

Bahdin Nur Tanjung Menjadi Khatib dan Imam Sholat Jumat

Rakyatsumut.com, Calon Wali Kota Sibolga, Dr. H. Bahdin Nur Tanjungtldidaulat menjadi Khatib sekaligus menjadi Imam pada Shalat Jumat di Masjid Nurul Bahrain di Jalan Jati Arah Laut Kota Sibolga, Jumat (20/11/2020).

Usai melaksanakan sholat Jumat, Bahdin pun menyerahkan sumbangan kepada Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nurul Bahrain, agar dapat mempercepat pembangunan masjid tersebut.

Dalam khutbahnya, Bahdin menjelaskan bahwa ada kriteria yang dianjurkan dalam agama Islam yang dianggap sebagai karakteristik pemimpin yang ideal.

“Dalam memilih pemimpin, masyarakat khususnya umat Islam harus memilih yang karakteristik kepemimpinannya sesuai dengan Ajaran Agama Islam, ada 4 karakteristik ideal pemimpin yang harus menjadi acuan untuk memilih pemimpin sesuai dengan ajaran agama Islam, yakni Siddiq, Amanah, Tabliq, Fathonah,” ujarnya.

Bahdin mengatakan, bahwa pemimpin harus Siddiq atau jujur, sebab, kejujuran merupakan syarat utama bagi seorang pemimpin. Masyarakat akan menaruh respek kepada pemimpin apabila dia diketahui dan juga terbukti memiliki kwalitas kejujuran yang tinggi.

“Kemudian, ada amanah atau terpercaya, bahkan Nabi Muhammad SAW sebelum diangkat menjadi rasul telah menunjukkan kualitas pribadinya yang diakui oleh masyarakat Quraish. Beliau dikenal dengan gelarAl-Amien, yang terpercaya. Setelah itu, Tablig atau komunikatif, dimana kemampuan berkomunikasi merupakan kualitas ketiga yang harus dimiliki oleh pemimpi sejati,” sambungnya.

“Dan terakhir, Fathonah atau cerdas, yaitu seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan di atas rata-rata masyarakatnya, sehinga memiliki kepercayaan diri. Kecerdasan pemimpin akan membantu dalam memecahkan segala macam persoalan yang terjadi di masyarakat,” pungkas Bahdin.

Editor: Rommy

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed