oleh

Warga Aek Habil Dukung Paslon ABADI, Ikhmaluddin: Pasangan Ini Berani Menandatangani Mou Dengan Nelayan Tradisional

Rakyatsumut.com, Warga Kelurahan Aek Habil memberi dukungannya kepada Pasangan ABADI sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal itu diungkapkan beberapa warga Kelurahan Aek Habil, seperti Ikhmalluddin Lubis,.masyarakat Jalan KH Ahmad Dahlan Kecamatan Sibolga Selatan, Sibolga, Sumatera Utara kepada awak media saat diwawancarai, Senin (2/11/2020).

Ikhmalluddin yang akrab disapa Immad Lubis ini merupakan Ketua KNTM Sibolga-Tapteng. Immad mengatakan alasan dirinya memberikan dukungan kepada Pasangan ABADI dikarenakan telah membuat kontrak politik yakni menandatangani Momerendum of Understanding (MoU) dengan nelayan tradisional.

“Ini sikap berani yang diambil pasangan ABADI, MoU itu mengenai kelestarian laut dan ini patut dijaga berkesinambungan, karena itu menentukan kepada generasi selanjutnya, dan itu salah satu visi-misi dari paslon nomor urut 2, yaitu Bahdin-Edi,” ujarnya.

Immad menambahkan, alasan lain dirinya mendukung pasangan ABADI yakni mengenai rencana pembangunan Perguruan Tinggi Negeri Universitas Sumatera Utara (USU) yang sebelumnya sudah ada MoU dengan Pemko Sibolga, yang mana akan dilanjutkan pelaksanaannya.

“Nah, andai ini terlaksana, ini sangat menguntungkan bagi masyarakat Kota Sibolga, apalagi mereka mengatakan akan mengutamakan masyarakat Sibolga,” tambahnya.

“Artinya kalau umpamanya 5 dikatakan nilai atau kemampuan siswanya, sama dengan daerah lain, Bahdin-Edi akan lebih mengutamakan kepentingan daerah (Kota Sibolga). Berarti itu menguntungkan bagi masyarakat di sini (Sibolga), artinya menguntungkan dalam hal ekonomi, mungkin kita bisa berpikir, kalau anak misalnya melanjutkan sekolah keluar daerah, biaya kuliah, kos dan lain sebagainya, apalagi seperti orang tuanya sebagai nelayan, mungkin itu tidak akan tercapai, sehingga banyak anak nelayan yang hanya mampu meraih pendidikan sampai tingkat SMA sederajat,” sambungnya.

Senada dengan itu tidak hanya Immad Lubis, Taslim mengatakan alasan nya mendukung pasangan ABADI menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yakni visi-misi pembangunan tinggi negeri di Kota Sibolga, alasan lain yang membuat Taslim mendukung yakni mengenai peningkatan pelayanan kesehatan dan fasilitas rumah sakit yang lebih canggih.

“Kalau lokasi dan bangunan rumah sakit sudah bagus, tapi alatnya kurang canggih, yang berobat sampai ke Medan, di rujuk dari sini (Sibolga). Tapi kalau Tuhan mengijinkan pasangan Bahdin-Edi ini nanti menang jadi Wali Kota Sibolga, alat-alat rumah sakit seperti yang ada di Medan itu akan dibikinnya di Sibolga, supaya datang orang yang berobat dari Gunung Sitoli (Nias), Sinabang, Pulau Banyak, Singkil dan yang lainnya,” terangnya.

“Jadi kalau yang dari luar daerah datang berobat ke sini, itu akan menambah pendapatan Sibolga juga,” imbuhnya.

Kemudian mengenai wisata yang sekarang ini dikembangkan di Kota Sibolga. Dikatakannya bahwa, setiap pinggir pantai akan dibangun tempat-tempat wisata, dan menurut Taslim hal itu juga tentunya akan menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sibolga.

Alasan terakhir bagi Taslim yaitu karena pasangan Bahdin-Edi ini juga begitu peduli terhadap kelestarian laut dan mencintai laut.

Jika nantinya pasangan Bahdin-Edi diberi kepercayaan untuk memimpin Kota Sibolga, dengan demikian pelaku ilegal fishing atau perusak kelestarian laut seperti Pukat Trawl akan diberantas oleh pasangan ini.

“Dan kami pun lebih cinta terhadap laut, karena dari hasil laut inilah kami dapat menghidupi ataupun menafkahi keluarga kami, mulai dari nenek moyang kami sampai sekarang. Bisalah dibatasi nya pelaku ilegal fishing (Pukat Trawl) itu,” bebernya.

“Memang kalau di Undang-undang tahun 1980 jaman Soeharto presiden, ini tidak ada batasnya (zona tangkap ikannya), tapi sekarang ilegal fishing itu sudah dilarang, dan Bahdin-Edi dapat membendung Pukat Ikan ataupun pukat trawl itu nanti jika masuk ke perairan pantai Barat Sumatera khususnya Sibolga,” tambahnya.

Taslim sedikit mengumpamakan pasangan Bahdin-Edi ini seperti pagar dalam suatu kebun. Alasannya, kata Taslim, jika kebun itu tanpa pagar, tentunya kambing dan semua binatang ataupun hewan akan leluasa masuk, merusak dan menghancurkan tanaman yang ada didalam kebun tersebut.

“Jadi itulah alasan saya, karena Bahdin-Edi ini adalah orang yang berpendidikan tinggi, visi dan misinya bagus, layak lah jadi pemimpin kota Sibolga,” pungkasnya.

Editor: Rommy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed