oleh

DPD KNPI Paluta Gelar Kegiatan Donor Darah

Rakyatsumut.com, Di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD-KNPI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Paluta gelar aksi donor darah.

Kegiatan sosial donor darah ini dilaksanakan di Kantor Sekretariat DPD KNPI Kabupaten Paluta. Sabtu (31/10/2020).

Kegiatan donor darah ini merupakan rentetan kegiatan sosial yang dilakukan oleh DPD KNPI Kabupaten Paluta dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92. Sebelumnya DPD KNPI Kabupaten Paluta memberikan santunan kepada anak yatim di Panti Asuhan Al-Masykuriyah pada 28 Oktober kemarin.

Ditemui saat kegiatan, Ketua DPD KNPI Kabupaten Paluta, Machmud Pratama Harahap didampingi Sekretaris Anwarsyah Siregar mengajak masyarakat untuk menjadikan donor darah sebagai budaya. Hal itu perlu dilakukan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah di rumah sakit.

Ia mengatakan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan pihaknya merupakan aksi untuk mengajak orang lain mendonorkan darahnya.

Langkah ini sebagai salah satu rasa bentuk kepedulian kepada masyarakat dan mendukung program Palang Merah Indonesia (PMI) di Kabupaten Paluta untuk meningkatkan stok kantong darah.

“Ini semacam aksi yang kita buat supaya orang-orang lain juga meniru, apakah di instansi pemerintah, swasta, perusahaan-perusahaan dan lainnya, bisa melihat bahwa Pemuda juga peduli terhadap kebutuhan darah. Jadi kita berharap aksi ini juga ditiru oleh lembaga lain,” harapnya.

Meskipun di tengah pandemi Covid-19 sedang melanda Kabupaten Paluta, aksi donor darah juga tetap dilakukan guna untuk memenuhi kebutuhan darah di PMI.

“Namun dalam situasi seperti ini, tetap mengikuti anjuran pemerintah yakni mematuhi protokol kesehatan. Jadwal donor darah telah diatur agar tidak ada perkumpulan dan keramaian. Tidak semua berkumpul di jam 10.00 WIB, tetapi perlahan-lahan satu persatu melakukan donor darah. Tetap menjaga jarak tidak berkerumun, kemudian memakai masker dan mencuci tangan sebelum melaksanakan donor. Saya kira tidak ada masalah ini, asal kita tetap ikuti protokol kesehatan,” tutur Pratama.

Editor: Rommy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed