oleh

Audiensi Dengan Disnaker, K. SPSI Sibolga Minta Pengusaha Patuhi Undang-undang

Rakyatsumut.com, Untuk melindungi hak-hak buruh, Abdul Rahman Sibuea selaku koordinator K. SPSI Sibolga, Tapteng dan Nias meminta kepada seluruh pengusaha agar mematuhi undang undang tentang ketenaga kerjaan.

Hal itu disampaikan Abdul Rahman Sibuea saat Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K. SPSI)  Cabang Sibolga beraudiensi dengan Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Sibolga, Rabu (7/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Abdul Rahman mengatakan, bahwa kehadiran K. SPSI adalah untuk melindungi para pekerja di perusahaan. “Jika pekerja bergabung dengan serikat pekerja, tentu hak-haknya sebagai pekerja akan terlindungi, karena memang K. SPSI itu dilindungi oleh undang-undang,” ucapnya.

Abdul Rahman juga meminta kepada para pekerja agar bergabung dengan spsi, demi menjaga kenyamanan dalam bekerja. “Spsi hadir melindungi pekerja yang ada di perusahaan, ayok bentuk puk diperusahaan tempat anda bekerja, syarat menjadi anggota adalah pekerja di perusahaan tersebut, jangan takut dengan pengusahanya, kita diatur bebas berserikat,” bebernya.

Disisi lain, Abdul Rahman juga menilai, bahwa selama ini masih banyak pengusaha di Sibolga yang membandel, tidak patuh dengan undang-undang. Termasuk dibidang pengupahan yang saat ini masih jauh dari umk.

“Banyak kita temukan upah karyawan yang tidak sesuai dengan UMK, hak-haknya tidak diberikan oleh pengusaha, saat diberhentikan tidak diberikan pesangon, jam kerja yang melebihi dan berbagai persoalan lain,” jelasnya.

Sementara itu, Dinter Tarihoran selaku Ketua K. SPSI Sibolga kepada media mengaku, dalam waktu dekat akan segera melakukan pelantikan pengurus baru. Dan setelah pelantikan, pengurus baru akan menyasar para karyawan atau pekerja untuk segera bergabung dengan K. SPSI.

“Usai pelantikan, kita akan bentuk PAC dan PUK dibeberapa perusahaan, untuk itulah, kita berharap kerjasama dengan Dinas Ketenaga Kerjaan Sibolga,” cetusnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed