oleh

Datangi Kantor Kemenag Sibolga, Kepala MDTA dan TPQ: Kami Tahu Kok Itu Bantuan Dari Kemenag Pusat

Rakyatsumut.com, Sejumlah kepala madrasah/ kepala sekolah Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) di Kota Sibolga mendatangi Kantor Kementerian Agama Kota Sibolga, di jalan Tongkol, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Kamis (10/9/2020)
Pimpinan MDTA dan TPQ Kota Sibolga ini bertemu dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sibolga, Bahrum Saleh Hasibuan, dalam rangka untuk meluruskan kesimpang siuran informasi di media sosial terkait bantuan yang mereka terima baru-baru ini.
Mereka mengaku bingung terkait adanya kecurigaan sejumlah oknum yang menuding bahwa bantuan yang mereka terima adalah bantuan pribadi Hj Delmeria Sikumbang yang merupakan anggota DPR RI periode 2019-2024, padahal sejak awal pendataan penerima bantuan tersebut dilakukan, mereka telah diberitahu bahwa bantuan yang mereka terima bersumber dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal (Dirjend) Pendidikan Islam.
Posisi Hj Delmeria Sikumbang sendiri adalah sosok yang memperjuangkan agar bantuan itu bisa mengucur ke Kota Sibolga. Karena tidak semua Kabupaten/Kota di Indonesia memperoleh bantuan tersebut.
“Jadi, amat sangat wajar jika atas usaha dan upaya ibu Delmeria ini, dirinya mendapat kehormatan untuk menyalurkannya kepada MDTA/TPQ yang berhak menerimanya,” ujar kepala MDTA Salsabila, Elfisahri.
Senada dengan Elfisahri, kepala TPQ Nurul Bahrain, Ramdan Pasaribu mengatakan pada saat penyerahan bantuan tersebut oleh tenaga ahli anggota DPR RI Hj Delmeria, Sufriansyah Pasaribu pun juga telah disampaikan bahwa bantuan tersebut bersumber dari Dirjend Pendidikan Islam yang untuk penyalurannya dilakukan oleh Hj Delmeria Sikumbang yang notabenenya merupakan anggota komisi 8 DPR RI yang mitra kerjannya adalah Kementerian Agama RI.
“Jadi menurut kami, tidak ada yang disembunyikan disitu, semua sangat transparan, bahkan uang bantuan itu saja tidak diberikan secara tunai tetapi kami sendiri yang mencairkannya ke bank yang telah dihunjuk,” bebernya.
“Atas nama kawan-kawan, kami tentunya sangat berterimakasih atas upaya dan usaha ibu Delmeria, sejak terpilih pada 2019 lalu tidak pernah  berhenti berjuang sehingga sejumlah bentuk bantuan banyak mengucur ke Sibolga dan Tapteng, ini tidak pernah terjadi sebelum-sebelumnya, baru saat ibu Delmeria terpilih menjadi anggota DPR RI lah, Kota Sibolga sangat sering mendapatkan bantuan,” sambung Ramdan yang turut diamini oleh rekan seprofesinya yang lain.
Kepala MDTA Al Azhar Pasar Baru, Rahman Lubis yang turut dalam rombongan juga mengaku sedih atas pemberitaan disalah satu media online yang curiga bantuan yang disalurkan Hj Delmeria terkesan bantuan pribadi, dirinya menambahkan  jika sebelumnya yang bersangkutan tabayyun maka tentu kecurigaan seperti itu tidak akan pernah terjadi.
Pasalnya, semuanya sangat transparan, penyerahannya pun dikoordinir oleh Kantor Kementerian Agama Kota Sibolga, sehingga sangat jelas jika bantuan tersebut bukanlah bantuan pribadi.
“Kalau bantuan pribadi, maka tentu tidak mungkin disalurkan di Kantor Kementerian Agama Kota Sibolga, tetapi di tempat lain yang lebih khusus, harusnya, dengan melihat proses yang terjadi baik sejak pendataan, penyerahan dan pencairannya sudah bisa disimpulkan itu bantuan kementerian yang penyalurannya dilakukan oleh Ibu Delmeria melalui tenaga ahli,  itu lumrah aja dan itu bukan hanya Ibu Delmeria, namun anggota DPR RI lainnya juga kami lihat seperti itu,” ujar Rahman.
Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sibolga, Bahrum Saleh Hasibuan, menyambut baik inisiatif beberapa kepala MDTA/TPQ di Kota Sibolga yang berinisiatif meluruskan pemberitaan yang ada, penjelasan dari masing-masing kepala MDTA/TPQ yang hadir pada pertemuan tersebut telah menjadi konfirmasi dan klarifikasi atas pemberitaan yang ada.
Bahrum mengatakan, dirinya pun sejak awal telah berkomunikasi dengan Hj Delmeria Sikumbang dan tenaga ahli perihal turunnya bantuan dimaksud, dirinya menambahkan dari komunikasi yang terjadi, jelas dan terang benderang dipaparkan bahwa bantuan tersebut dananya bersumber dari Dirjend Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, oleh karena yang memperjuangkan bantuan tersebut dipusat adalah Hj Delmeria Sikumbang, maka kepadanya diberi kehormatan untuk menyerahkannya.
“Kita tentu berterimakasih kepada ibu Delmeria sehingga Sibolga mendapat bantuan. Jika tidak ada perwakilan kita dipusat sana, maka kita belum tentu mendapat bantuan,” ungkap Bahrum.
Bahrum pun meminta agar seluruh MDTA/TPQ yang menerima bantuan tersebut agar benar-benar mempedomani petunjuk teknis yang ada agar tidak menimbulkan persoalan dan permasalahan dikemudian hari.
“Saya harap, manfaatkan bantuan tersebut dengan baik dan sampaikan laporannya serapi mungkin sesuai juknis yang ada,” pungkasnya.
Tenaga ahli anggota DPR RI Hj Delmeria Sikumbang, Sufriansyah Pasaribu yang diminta hadir pada pertemuan tersebut menjelaskan, bahwa dirinya mendapat undangan untuk hadir secara mendadak pada pertemuan tersebut. Sufri mendapat kabar, sejumlah pimpinan MDTA/TPQ penerima bantuan merasa terusik atas pemberitaan disalah satu media online yang curiga terhadap bantuan yang mereka terima terkesan bantuan pribadi.
Sufri hadir untuk mendengarkan langsung penjelasan dari penerima, bahwa pemberitaan yang muncul di publik adalah pandangan pribadi yang berbicara bukan atas kesimpulan atau informasi yang mereka berikan.
“Jadi ibu-ibu kita ini merasa tidak enak hati kepada Ibu Delmeria, karena bantuan yang sedari awal diproses secara transparan ini justru menimbulkan masalah,  mereka khawatir Ibu Delmeria akan terganggu konsentrasinya dalam memperjuangkan bantuan lainnya ke Sibolga, Tapi tadi saya jelaskan, ibu Delmeria tidak terganggu sama sekali, dan minta didoakan tetap sehat wal afiat dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” pungkas Sufriansyah.
Editor: Rommy
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed