oleh

Nanggarjati Camp 2020 Segera Digelar, Ketua FPPSN: Kegiatan ini Dipersiapkan Sebagai Momentum Kebangkitan Sektor Pariwisata

Rakyatsumut.com, Forum Pemuda Peduli Sipirok-Narobi (FPPSN) akan menggelar kegiatan “Nanggarjati Camp 2020” atau “Arse Camping Day 2020 in Nanggar Jati” pada 29-30 Agustus 2020 mendatang di Batu Nanggar Jati di Desa Hutapadang, Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Acara akan diikuti 100 Komunitas Pecinta Alam (KPA) dari Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.  Kegiatan yang akan digelar di lokasi kamping berupa:

1. Launching Batu Nanggar Jati sebagai Destinasi Wisata sekaligus menjadikan Kecamatan Arse sebagai pilot project pengembangan wisata di wilayah regional Sipirok-Narobi

2. Kamping 100 Tenda

3. Jungle Track untuk Pengenalan Lingkungan Hutan di Sekitar Batu Nanggar Jati

4. Api Unggun

5. Game dan Edukasi

Nanggar Jati Camp 2020 ini merupakan wujud kerja sama (gotong royong) seluruh lapisan masyarakat desa di sekitar Batu Nanggar Jati khususnya dan masyarakat Kecamatan Arse umumnya yang digerakkan oleh Forum Pemuda Peduli Sipirok Narobi (FPPSN) dan KPA Gemar (Generasi Motivasi Arse).

Dalam rapat panitia penyelenggara yang digelar hari Senin, 25 Agustus 2020, yang digelar Camat Arse bersama masyarakat Arse selaku panitia pelaksana, hadir Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan beserta jajarannya. Dalam kata sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan, Bapak Saftar Harahap, menyambut gembira kegiatan Nanggarjati Camp 2020 yang digelar oleh masyarakat.

Beliau menyampaikan, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan akan mendukung penuh kegiatan Nanggarjati Camp 2020 agar pembangunan sektor pariwisata di Tapanuli Selatan umumnya berkembang pesat dengan semakin banyak destinasi pariwisata yang diperkenalkan kepada calon wisatawan.

“Dinas Pariwisata Tapsel akan mendukung pengembang destinasi Nanggarjati dengan membangun fasilitas-fasilitas,” katanya.

Ketua FPPSN, Indra Muda, mengatakan Nanggarjati Camp 2020 merupakan kegiatan yang dipersiapkan sebagai momentum untuk kebangkitan sektor pariwisata di wilayah Sipirok Narobi. Citra destinasi Nanggarjati sebagai pavorit pariwisata di Kecamatan Arse telah tumbuh dengan baik, dan menjadi sumber daya alam yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Selama ini masyarakat Kecamatan Arse ingin mengelola Nanggar Jati sebagai objek wisata, tetapi mereka tidak punya teman berdiskusi dan berkomunikasi mengenai cara pengembangannya. FPPSN kemudian mengajak pemuda di Kecamatan Arse yang telah membentuk Komunitas Pencinta Alam (KPA) Gemar untuk mengelola Nanggarjati dan sejumlah objek wisata lainnya. Kegiatan ini kami harapkan akan menjadi kalender event yang digelar tiap tahun, setiap bulan Agustus,” kata Indra Muda.

Menurut Indra Muda, siapa saja boleh ikut dalam Nanggarjati Camp 2020 dan tidak dipungut bayaran. Kami mengundang KPA-KPA yang ada di seluruh regional Tapanuli bagian Selatan dan dari luar Tapanuli bagian Selatan.

“Masyarakat Arse juga akan ikut ambil bagian untuk memeriahkan acara ini. Para kepala desa sudah menyatakan mendukung kegiatan ini,” jelas Indra Muda.

Selain destinasi Batu Nanggar Jati, kata Indra Muda, Kecamatan Arse kaya dengan berbagai potensi wisata seperti Destinasi Sappuran Damparan, arung jeram di Aek Siguti atau Aek Silo, dan masyarakat Arse juga memiliki industri skala kecil yang dapat mendukung pengembangan pariwisata seperti kuliner, jajanan, dan lain sebagainya.

“Kami mengharapkan Kecamatan Arse akan menjadi daerah kunjungan wisata yang ramai didatangi para wisatawan agar membuka peluang-peluang usaha baru bagi masyarakat sekitar seperti pembangunan homestay dan lain-lain,” katanya.

Roundup Acara:

1. Pada tanggal 28 Agustus 2020 sore, panitia bersama masyarakat Arse sudah berada di lokasi kamping dan mendirikan tenda panitia, menata lokasi tenda peserta, mempersiapkan MCK, membangun tenda petugas medis, dan lain sebagainya.

2. Pada tanggal 29 Agustus 2020 pagi, peserta kamping sudah berada di lokasi untuk mempersiapkan tenda masing-masing dan perlengkapan masing-masing.

3. Pada tanggal 29 Agustus 2020 pukul 12.00 Wib, semua tenda sudah terpasang.

4. Pada 29 Agustus 2020 pukul 15.00 Wib, rombongan Bupati Tapanuli Selatan, Bapak H. Syahrul  M. Pasaribu, beserta jajaran OPD dan Ketua DPRD Tapanuli Selatan, Bapak Husni Sogot Simatupang, akan tiba di lokasi Batu Nanggarjati untuk membuka acara dan ikut kemping bersama masyarakat.

5. Pada 30  Agustus 2020 pagi, peserta kemping akan diajak Jungle Track oleh panitia, lalu mengikuti sejumlah game yang bersifat edukasi.

6. Pada 30 Agustus 2020 siang, digelar makan siang bersama di atas daun. Bupati Tapanuli Selatan beserta jajaran OPD dan Ketua DPRD Tapanuli Selatan ikut makan siang bersama masyarakat Arse.

Editor: Rommy Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed