oleh

Pemkab Paluta Mulai Susun Skenario Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Rakyatsumut.com, Dalam menghadapi Adaptasi Kehidupan Baru (AKB), Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terus berupaya untuk memulihkan ekonomi masyarakat. Demikian disampaikan oleh Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam pada Sekretariat Bupati Paluta Azwar melalui Kasubbag SDA Netti Juana.

Ia mengatakan, masih berlangsungnya pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) membawa dampak yang sangat berat, salah satunya pada sektor perekonomian masyarakat.

Untuk itu, Pemkab Paluta pun mulai fokus berkoordinasi dan melakukan evaluasi diberbagai bidang dalam hal menyusun skenario pemulihan ekonomi, khususnya ekonomi kemasyarakatan. Karena dampak dari pandemi Covid-19 ini diprediksi akan berlangsung hingga tahun 2021 mendatang.

“Kita terus berkoordinasi dengan semua pihak dalam menyusun skenario upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang dimulai dari sektor riil antara lain pertanian, perkebunan dan UMKM,” ujar Netti, Rabu (12/8/2020).

Salah satu upaya yang dilakukan yakni melakukan restrukturisasi UMKM dengan pengelolaan penempatan dana dan penjaminan agar sektor riil dapat bergerak.

Upaya penempatan dan penjaminan dana tersebut antara lain dengan mengupayakan kemudahan bagi masyarakat untuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta mengusulkan bantuan dana stimulan kepada Pemerintah Pusat yang diajukan oleh Disnakerkop dan UMKM bagi 800 pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Paluta.

“Kita akui bahwa daerah kita sangat membutuhkan dukungan dan kontribusi pemerintah pusat berupa anggaran proporsional agar dapat terserap untuk melakukan aksi dalam memulihkan ekonomi kerakyatan diantaranya bidang UMKM, Pertanian, perkebunan maupun sektor riil lainnya,” jelasnya.

Masih menurut Netti, menjaga mata pencaharian kehidupan terus dilakukan dengan mendukung masyarakat dan bisnis yang terdampak, menyiapkan kembali masyarakat agar dapat bekerja produktif dan aman serta menyiapkan kebijakan untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Kita masih terus melakukan maping dan evaluasi terkait mana yang terdampak dan mampu bertahan diterpa oleh pandemi ini agar kita dapat menyusun skenario dalam hal pemulihan ekonomi masyarakat di daerah kabupaten Paluta,” pungkasnya.

Editor: Rommy Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed