oleh

Wali Kota Sibolga terima Audiensi Komantab, Persiapkan Pengibaran Bendera dari Bawah Laut

Rakyatsumut.com, Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menerima audiensi para pengurus Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) di ruang kerjanya, Selasa (4/8/2020).

Wali Kota didampingi Kadis Kominfo, Kadis Pariwisata dan Staf Ahli. Sementara, Komantab dihadiri para pengurus, di antaranya Damai Mendrofa,  Bripka Hadi Sitanggang, Dian Iradhani Pribadi, Yoel, Rara, Yenny, Bastian dan Liman Tanjung.

Audiensi tersebut terkait persiapan Perayaan HUT RI ke 17 tahun 2020 yang akan kembali digelar Komantab dengan Pengibaran Bendera Dari Bawah Laut di perairan Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Komantab, karena ini sudah rutin digelar dan menjadi ikon bagi Komantab. Kegiatan ini sangat positif untuk menumbuhkan rasa cinta bahari dan tanah air, dan bisa menjadi identitas kita di Kota Sibolga yang memiliki wilayah perairan laut,” kata Wali Kota Syarfi.

Wali Kota menyampaikan akan berkenan hadir dalam pengibaran tersebut dan akan menjadi Pembina saat upacara berlangsung.

Sementara, Wali Kota berpesan agar kegiatan dapat dipersiapkan secara matang. Ia juga memberikan sejumlah saran dan masukan agar kegiatan tersebut nantinya dapat memberi citra positif bagi kota Sibolga.

Audiensi Komantab dengan Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk terkait persiapan Pengibaran Bendera dari Bawah Laut. Foto: Istimewa
Komantab saat beraudiensi dengan Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk terkait persiapan Pengibaran Bendera dari Bawah Laut. Foto: Istimewa

“Misalnya dengan melaksanakan aksi bersih sampah, nanti coba berkordinasi dengan PKPLH, agar nanti bisa disesuaikan. Jika bisa, Komantab juga berkordinasi dengan Forkopimda dan instansi vertikal lainnya, agar kegiatan ini bisa mendapat dukungan dari banyak pihak,” kata Wali Kota.

Sebelumnya, Ketua Komantab Damai Mendrofa memaparkan rangkaian kegiatan. Disebutkan kegiatan yang diberi nama Kemah dan Bakti Lingkungan tersebut akan berlangsung selama 2 hari, yakni Minggu hingga Senin, tanggal 16 hingga 17 Agustus.

“Di lokasi acara akan didirikan tenda-tenda peserta, dan akan menginap di Poncan selama satu malam,” kata Damai.

Dia menuturkan, hari pertama kegiatan bertajuk Kembali Bangkit dan Merdeka tersebut akan diisi dengan rangkaian kegiatan bertema lingkungan. Di antaranya, Susur Pulau dan Aksi Bersih, Ecobrik, Hunting Foto dan Diskusi Terfokus, Nonton Bareng, Snorkeling dan Games sejumlah lomba.

“Rangkaian kegiatan berisi kampanye-kampanye penyelamatan lingkungan pesisir, pantai dan laut, termasuk Penyu dan habitat langka di Teluk Tapian Nauli, itu semangatnya,” ujar Damai.

Berlanjut di hari kedua yang merupakan puncak acara, dengan Upacara Pengibaran Bendera dari Bawah Laut yang dijadwal berlangsung pukul 11:30 WIB.

“Pengibaran Bendera akan di iringi seremoni upacara, sementara petugas pengibar bendera akan melibatkan para penyelam profesional,” ujar Damai.

Sebagai informasi, untuk kepesertaan dalam kegiatan tersebut, dapat berkordinasi dengan narahubung kegiatan, yakni Rara 082273862099 dan Dian Iradhani Pribadi 081396051211.

“Semua peserta harus meregistrasi ke narahubung dan dapat berkordinasi terkait teknis kegiatan,” kata Damai.

Editor: Rommi Pasaribu

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed