oleh

Wali Kota Sibolga Resmikan Masjid Nurul Bahrain

Rakyatsumut.com, Wali Kota Sibolga HM Syarfi Hutauruk meresmikan Masjid Nurul Bahrain di Jalan Jati Arah Laut, Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas,  Kota Sibolga, Sumatera Utara, Jumat (31/7/2020).

Peresmian tersebut dilakukan usai Syarfi melakukan sholat Idul Adha dilapangan Simaremare. Dia mengatakan, peresmian Masjid Nurul Bahrain ini bertepatan dengan satu minggu berkumandangnya azan di Masjid Hagia Sophia di Istambul Turki.

Dikatakan, sebelumnya Masjid Hagia Sophia tersebut berada dibawah kekuasaan Romawi dan kemudian direbut kembali oleh umat Islam.

“Usai 96 tahun dibawah kepemimpinan Romawi, sekarang Masjid Hagia sophia yang sebelumnya dijadikan museum, sekarang sudah satu minggu azan sudah berkumandang disana, sesuai hasil mahkamah pengadilan tanggal 24 kemarin,” ujarnya.

Syarfi menambahkan di periode kepemimpinannya yang memliki konsep membangun manusia seutuhnya, yakni seimbang antara imtaq dan imteknya, sebelumnya lokasi Masjid Nurul Bahrain dulunya merupakan daerah rawan banjir. Namun di masa pemerintahannya lokasi tersebut tidak lagi banjir.

“Dulu ini masih lumpur, sering banjir, betul tidak ibu-ibu? ayah saya berpesan, kalau nanti kamu sudah jadi ‘orang’ (sukses-red) jangan lupa bangun Masjid,” ujarnya.

Pesan Wali Kota untuk Anak-anak

Syarfi pun berpesan kepada seluruh anak-anak yang ikut hadir pada acara peresmian tersebut, agar tidak mengunakan narkoba. Menurut dia, bangsa ini sudah sangat darurat penyalahgunaan narkoba.

“Sekolah yang rajin, jangan sampai ada yang menggunakan lem kambing, apalagi besar kelak, jangan sampai menggunakan narkoba, sekolah yang bagus kelak bisa menjadi pemimpin di Kota Sibolga ini,” pintanya.

Sementara itu Syarfi mengatakan, di masa pemerintahannya 5 tahun terakhir, anak-anak Sibolga sekarang sudah banyak yang lulus perguruan tinggi negeri favorit, yang sebelumya hanya bisa dihitung dengan hitungan jari saja.

“Di lima tahun terakhir ini sekarang sudah sekitar 4700 anak-anak kita, diterima di perguruan tinggi ternama di Indonesia, seperti UI, ITB, IPB, Unsyiah Banda Aceh, Unand Padang, Unsri Palembang, dan Brawijaya Malang,” tukasnya.

Selain kepada anak-anak, Syarfi juga berpesan kepada seluruh orang tua khususnya para ibu-ibu, agar lebih mengutamakan pendidikan anak-anaknya dibandingkan harta.

“Khusus buat ibu-ibu jangan sampai emas berlimpah di tangan tapi anak-anaknya tidak ada yang sekolah, lebih baik, tidak ada harta (emas) di tangan namun anak semua jadi sarjana, bangsa ini hanya bisa dirubah melalui pendidikan,” kata dia.

Pembangunan Masjid Nurul Bahrain Masih Terutang

Sementara itu, Ketua BKM Masjid Nurul Bahrain Kasri Tanjung mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemko Sibolga dalam menyelesaikan pembangunan Masjid Nurul Bahrain tersebut.

Dia menuturkan, masjid tersebut masih terutang biaya pembangunan sebanyak Rp31 juta, untuk pembayaran pembuatan pagar dan resplang.

“Untuk pembuatan pagar kita masih terhutang sebesar 17 juta rupiah dan untuk resplangnya sebesar 14 juta rupiah,” tambahnya.

Sebelumnya ketua pembangunan Masjid Nurul Bahrain Zulfikar menyampaikan rincian biaya  yang dibutuhkan dan yang dihabiskan dalam pembangunan masjid tersebut.

“Dana kontan berupa uang tunai dari masyarakat dan Pemko Sibolga sebesar Rp1.314.636.600, dana berbentuk bahan sebesar Rp526 juta. Jumlah uang tunai dan bahan sebesar Rp1.840.636.600 pengeluaran Rp1.840.560.100, sisanya Rp76.500 sampai dengan tanggal 18 juli 2020,” kata Zulfikar merinci.

Editor: Damai Mendrofa

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed