oleh

HPI Tapteng Distribusikan Paket Sembako Kemenparekraft

Rakyatsumut.com, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, mendistribusikan paket sembako dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenprekraft), Rabu (28/7/2020).

Ketua HPI Tapteng, Afrizal Prima Pohan menuturkan, ada sebanyak 21 paket sembako yang disalurkan dan diperuntukkan kepada anggota HPI.

“Awalnya paket ini dikirim kementrian ke DPD HPI Sumut lalu didistribusikan ke Tapanuli Tengah. Bantuan diperuntukkan kepada para anggota HPI Tapanuli Tengah,” tutur Afrizal.

Pria yang akrab disapa Pimpin ini mengatakan, paket tersebut merupakan bantuan akibat dampak pandemi Covid-19 yang turut dirasakan Pramuwisata di Tapanuli Tengah.

“Harus kita akui, pandemi memang dirasakan cukup berdampak terhadap aktifitas industri pariwisata di Tapanuli Tengah,” kata Pimpim.

Dia pun berharap, bantuan sembako tersebut bermanfaat kepada para pramuwisata di Tapanuli Tengah.

“Ucapan terimakasih kepada Kemenprekraft, DPD HPI Sumut dan juga kepada Dishub Tapteng yang telah membantu pendistribusian paket-paket sembako tersebut,” kata Pimpim.

Kadis Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah, Rahmad Saleh Jambak melalui Kabid Pengembangan Kapasitas Pariwisata Henrolis Perjuangan Purba mengungkapkan, selain bantuan kepada para pramuwisata, sebelumnya Pemkab Tapteng juga menyalurkan bantuan Kemenprekraft untuk Pokdarwis.

“Paket Balasa atau Bantuan Pokok Lauk Siap Saji yang dibagikan ada sebanyak 507 paket,” kata Henrolis.

Dia mengapresiasi bantuan tersebut. Dia berharap, dukungan ini untuk meringankan beban para pelaku pariwisata yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 di Tapanuli Tengah.

Sementara, Henrolis menuturkan, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah akan mengeluarkan Potokol Kesehatan dalam menghadapi New Normal. Harapannya, sektor pariwisata dapat kembali pulih.

Karena itu, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mengajak pelaku dan industri pariwisata menerapkan protokol kesehatan untuk membangun kepercayaan konsumen, agar dapat melakukan kegiatan wisata dengan aman dan nyaman.

“Hal tersebut dikarenakan saat ini terdapat perubahan tujuan dari para wisatawan. Mereka tidak hanya memilih tempat wisata yang akan memberikan pengalaman menarik, tetapi juga memilih tujuan wisata yang bebas dari Covid-19 serta memiliki keamanan yang baik,” urainya.

Sementara itu, Sekretaris Dishub Tapteng Wi Chandry Limbong menuturkan, apa yang diberikan pihaknya dalam pendistribusian tersebut merupakan bentuk dukungan pengembangan kapasitas dan kekaryaan bagi para HPI di Tapanuli Tengah.

“Peningkatan kapasitas teman-teman pramuwisata di Tapanuli Tengah, tentu bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Ini juga tentu sejalan dengan visi Bupati Tapteng bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam mengembangkan potensi yang dimiliki Tapanuli Tengah,” tutur Wi Chandry.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed