oleh

Lurah Huta Tonga-tonga dan Komantab Gelar Aksi Bersih Sampah dan Tanam Pohon

Rakyatsumut.com, Lurah Huta Tonga-Tonga, mengajak masyarakat peduli lingkungan lewat aksi bersih-bersih dan penanaman pohon di Kelurahan Huta Tonga-tonga, Kota Sibolga, tepatnya di Kampung Betlehem yang saat ini dijadikan sebagai Kampung Paten, Jum’at (24/7/2020).

Aksi bersih bersih dan tanam Pohon itu bekerjasama dengan Komantab, Ikatan Wartawan Online (IWO) Sibolga Tapteng, mahasiswa Unimed dan masyarakat.

Hadir dalam aksi bersih-bersih dan penanaman Pohon Wakapolres Sibolga AKBP Sutrisno, Wali Kota Sibolga diwakili Kadis Lingkungan Hidup.

Pantauan dilapangan, tampak dibentang spanduk bertuliskan kampung hijau tanpa sampah dan tema kegiatan “Selamatkan Lingkungan Hidup” di Kampung Paten Betlehem.

Ketua Komunitas Penjaga Pantai Barat (Komantab) Damai Mendrofa menjelaskan, kelompok aksi kutip sampah akan dibagi 2 tim, sehingga sampah non organik dapat disisir sampai ke ujung jalan sibual-buali, Kelurahan Huta Tonga-tonga, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga.

“Sampah non organik itu sangat lama terurai oleh lingkungan contohnya sampah plastik,” kata Damai.

Lanjut Damai, dilingkungan ini dilihat agaknya sampah tidak terlalu banyak.

“Namanya saja sudah kampung peduli, aman, terpercaya, empati dan nyaman disingkat (Paten),” urai Damai.

Setelah aksi kutip sampah, Damai berharap agar tidak ada lagi sampah yang dibuang kelaut atau ke sungai.

“Jadi sungguh sampah plastik ini nantinya sangat tidak bermanfaat jika dibuang sembarang tempat. Kalau sampah plastik banyak dibuang ke laut, siapa lagi yang akan disalahkan,” urainya.

Sementara Lurah Huta Tonga-tonga, Tigor Panutri Tambunan mengucapkan terimakasih kepada masyarakatnya yang sudah sangat antusias dalam aksi bersih-bersih kutip sampah dan penanaman pohon.

“Gimanalah supaya lingkungan kita ini bersih dari sampah non organik, kepada masyarakat juga jangan sampai sampah itu dibuang ke sungai atau kelaut,” ajak Tigor.

“Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga tempat atau lingkungan sekitar sini. Satu lagi, dalam aksi kutip sampah ini warga wajib menggunakan masker dan mengikuti Protokoler kesehatan mencegah penularan pandemi covid-19,” sambungnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed