oleh

Bupati Taput Konsisten Perkuat Ketahanan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19

Rakyatsumut.com, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, tetap konsisten perkuat Ketahanan Pangan di tengah pandemi Covid-19 dengan kembali membagikan benih padi sebanyak 4,675 ton, bibit jagung dan juga benih ikan sebanyak 4000 ekor, Sabtu (18/7/2020).

Pembagian tersebut dilakukan bagi masyarakat dari 8 desa se Kecamatan Tarutung, penyerahan benih dan bibit berpusat di Desa Parbaju Toruan Kecamatan Tarutung.

“Kita perkuat Ketahanan Pangan kita dengan mengingat visi kita dalam mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan juga di tengah pandemi Covid-19 yang kita tidak tahu sampai kapan akan berakhir.

Jangan sampai nanti kita kekurangan pangan, khususnya Tapanuli Utara. Kita harus terus bergerak mengisi lumbung kita hingga kita mampu mandiri secara pangan bahkan menyumbang pangan untuk daerah lain.

Masyarakat tinggal mau dan ada lahan. Semua telah disediakan pemerintah, mulai dari alsintan mengolah lahan, menanam dengan mesin juga bisa, bibit dan pupuk juga disediakan,” ujar Bupati.

Selanjutnya, Nikson menyampaikan agar setiap desa atau Kecamatan memiliki ciri khas produksi pertanian.

Selain menyediakan bibit, pemerintah akan memikirkan pemasaran dengan harga yang stabil dan menguntungkan petani, bukan hanya menguntungkan tengkulak karena sering terjadi tengkulak beruntung, tetapi petani merugi.

“Ini akan terus kita benahi dan cari solusi. Kita tidak boleh menyerah dengan keadaan, tetap berjuang dan berjuang. Pemerintah akan tetap ada untuk masyarakat dan selalu berpihak kepada masyarakat, saya minta Kepala Desa agar tetap aktif turun ke masyarakat dan mendengar apa yang menjadi masalah dan kendala mereka. Sampaikan kepada kami dan kita cari solusinya bersama-sama, penyuluh pertanian juga harus aktif,” tegas Nikson.

Berpacu dengan waktu, lanjut Nikson, tidak ada lagi berpangku tangan sementara lumbung kita kosong. “Mari bekerja, kembangkan bibit ini dengan baik hingga menghasilkan dengan berlipat ganda. Tetap koordinasi dengan PPL agar hasil maksimal. Selamat bekerja dan berjuang untuk Tapanuli Utara kita tercinta,” tutup Nikson.

Dalam kesempatan itu, tokoh masyarakat Desa Parbaju Toruan H. Hutabarat  menyampaikan rasa terima kasih mendalam kepada Bupati Taput yang sangat memberikan hati dan pikirannya kepada masyarakat, khususnya petani.

“Tetaplah membimbing dan memperhatikan kami masyarakat ini pak Bupati, sehat dan terberkatilah bapak,” pungkasnya.

Editor: Rommy Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed