oleh

TMMD dan Masyarakat Sosorgadong Bangun Jembatan Penghubung Desa Huta Tombak 

Rakyatsumut.com, Pengerjaan program TMMD ke 108 Kodim 0211/TT terus dikerjakan. Pembukaan jalan baru penghubung desa Siantar CA dengan desa Huta Tombak terus di kebut.

Pada tahap ini selain pembukaan jalan juga sedang dilakukan pemasangan jembatan sepanjang empat meter dan lebar enam meter.

Didalam pelaksanaannya para anggota Kodim 0211/TT dan anggota Yonif 123/ Rajawali sangat bersemangat dan bahumembahu serta bergotongroyong dalam pelaksanaan pemasangan jembatan tersebut, Rabu (15/07/20).

Jembatan yang memiliki panjang 8 meter dan lebar 4 meter ini, merupakan jembatan pertama yang dibuat di jalan baru yang berlokasi di Kelurahan Sosorgadong, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Sudah mulai tahap pengerjaan, sembari bahan-bahan yang diperlukan untuk bangunan jembatan dilangsir ke lokasi pengerjaan,” ujar Satgas TMMD, Serda Reinhard Zebua yang ikut serta dalam proses pengerjaan jembatan.

Proses pengerjaan jembatan tersebut melibatkan excavator dalam hal melangsir, mengangkat dan meletakkan kayu ke posisinya. Dibantu proses manual beranggotakan Satgas dan warga, untuk memasang dan merangkai jembatan.

Lurah Sosorgadong, Listen Sitanggang memberikan apresiasi yang cukup tinggi atas pembuatan jembatan di wilayahnya itu. Pasalnya, dengan adanya jembatan akan membuat transportasi menjadi lancar.

“Akses transportasi warga menjadi lancar. Baik hendak ke ladang, maupun melangsir hasil bumi ke Pasar. Tentunya, akan meningkatkan perekonomian warga,” kata Lurah Sosorgadong.

Dikonfirmasi terpisah, Komandan Satgas TMMD ke-108 Kodim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex,S.Sos menuturkan, pengerjaan jembatan pertama ini harus selesai tepat waktu. Sebab, berikutnya masih ada sejumlah pekerjaan fisik yang harus diselesaikan.

“Satgas bersama warga, harus tetap bersemangat dan bekerjasama. Sehingga, pekerjaan apapun menjadi ringan dan segera dapat diselesaikan dengan baik,” bebernya.

Katanya, lokasi yang cukup jauh dalam pembuatan jembatan pada program TMMD ke 108 Kodim 0211/TT di Dusun Aek Rogas Desa Siantar CA Kecamatan Sosor Gadong Kabupaten Tapanuli Tengah tak menyurutkan semangat anggota Kodim 0211/ TT, anggota Yonif 123/Rajawali dan masyarakat.

Dengan berbagai cara pun dilakukan untuk mengakali medan yang cukup menanjak, namun pengerjaan bisa selesai maksimal. Salah satu contoh yang ditunjukkan dengan melansir material berupa paku, senso dan palu besar.

Cara ini mau tidak mau harus dilakukan mengingat medan yang sangat sulit dijangkau dengan kendaraan. Para anggota dan warga sekitar harus memasukkan material material tersebut ke dalam karung dan diangkut menggunakan kereta ke lokasi pembuatan jembatan.

Pelangsiran material secara manual ini dilakukan TNI dan warga secara terus menerus dengan upaya mengejar target sasaran pemasangan jembatan agar tercapai dengan cepat.

Ia juga mengatakan, bahwa Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu Operasi Bhakti TNI dan juga bentuk wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, TMMD Ke 108 di Desa Siantar CA Kecamatan Sosor Gadong Kabupaten Tapanuli Tengah.

Hal tersebut tidak lepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kodim 0211/TT secara bersama-sama dalam pemerataan pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini program TMMD ke 108 Tahun 2020 di Wilayah Teritorial Kodim 0211/TT dalam tahap pengerjaan pembangunan sejumlah infrastruktur seperti pembangunan jembatan dan pembukaan jalan.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed