oleh

Atasi Dampak Covid-19, BI Sibolga Ajak Pemerintah dan Masyarakat Gunakan Qris

Rakyatsumut.com, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Suti Masniari Nasution mengajak pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan transaksi nontunai dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), mengatasi dampak Covid-19 di era new normal.

Hal itu diungkapkan Suti saat menjadi narasumber dalam acara Media Brifing yang dilaksanakan di Graha Nauli Bank Indonesia, Jumat (10/7/2020).

“Adanya wabah Covid-19 pergeseran interaksi antar manusia, antara lain mengurangi intensitas pertemuan fisik, tatap muka,  karena penggunaan Qris dapat mendukung pada transaksi tersebut,” ujar Siti.

Suti menambahkan, bahwa ada 4 aspek yang menjadi target kegiatan Sosialisasi Qris di Kota Sibolga yakni pedagang pasar tradisional, sekolah dan universitas, pelaku usaha lainnya dan rumah-rumah ibadah.

“Yang sudah berjalan saat ini adalah rumah-rumah ibadah, yakni segala bentuk bantuan ditransfer melalui Qris, ini sudah berjalan di bebarapa daerah seperti Sibolga dan Nias,” tambahnya.

Masih kata Suti, penggunaan Qris juga akan membantu pemerintah daerah yakni akan adanya penambahan PAD pada bidang sektor yang menjadi keunggulan daerah tersebut.

“Dari hasil estimasi Bank Indonesia (BI, 2020), ETP secara signifikan meningkatkan PAD apabila pemanfaatan masyarakat terhadap ETP cukup tinggi, peningkatan PAD rata-rata hingga 14% dari 9 daerah, pelaksana pilot project ETP (Des, 2019),” pungkasnya.

Editor: Rommy Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed