oleh

Kadis Kesehatan Sibolga: Tak Benar 10 Orang Positif Covid di Sibolga

Rakyatsumut.com, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga, Firmansyah Hulu mengatakan, kabar yang berkembang tentang 10 orang terpapar positif covid-19 di kota itu, tidaklah benar.

“Sampai saat ini baru dua orang yang terkonfirmasi terindikasi covid-19, jadi sebuah situs youtube yang menyebut 10 orang positif adalah kekeliruan,” kata Firmansyah kepada Rakyatsumut.com, Minggu (5/7/2020).

Dia menerangkan kedua pasien positif tersebut. Yakni satu orang positif yang kini dirawat di RSU Tarutung, dan satu lagi tenaga medis di RSU FL Tobing.

“Pasien yang di Tarutung melalui pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) dan tenaga medis RSU FL Tobing melalui pemeriksaan real time polimerase chain reaction (RT-PCR) di RS USU Medan,” kata Firmansyah.

Dia pun menjelaskan perbedaan pengistilahan reaktif covid-19 dan positif. Istilah reaktif, lanjut dia ditujukan kepada hasil rapid test yang menggunakan alat skrining covid-19 dan bukan alat diagnostik.

“Alat diagnostik covid-19 yakni RT PCR dan TCM dan hasil dari kedua pemeriksaan dengan cara ini bukan memakai istilah reaktif tapi sudah positif dan negatif,” kata Firmansyah.

Sebelumnya, ramai diperbincangkan terkait judul situs youtube yang menyebutkan 10 orang di Kota Sibolga terpapar covid-19. Link di situs tersebut pun viral dan menjadi perdebatan.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed