oleh

New Normal, Industri Pariwisata Diwajibkan Perketat Protokol Kesehatan

Rakyatsumut.com, Akibat merebaknya pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), sektor pariwisata jelas menjadi bidang yang sangat terpukul. Meski demikian, dengan menginisiasi konsep New Normal, saat ini Pemerintah Indonesia tengah berusaha untuk mempersiapkan kembali berjalannya kehidupan masyarakat.

Hadirnya konsep New Normal sebagai solusi pemulihan sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengajak seluruh industri pariwisata yang ada di wilayah Paluta untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna membangun kepercayaan konsumen agar dapat melakukan kegiatan wisata dengan aman dan nyaman.

“Protokol kesehatan itu wajib dipatuhi, antara lain pembatasan jumlah pengunjung, menjaga jarak bagi pengunjung, penyemprotan disinfektan secara rutin, tersedianya tempat cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh serta memberlakukan aturan wajib menggunakan masker,” kata Kadis Pariwisata Paluta Eva Sartika Siregar saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp-nya, Sabtu (4/7/2020).

Lanjut Eva, terkait penerapan tatanan baru atau New Normal, Dinas Pariwisata Paluta sudah melakukan pengecekan tempat wisata yang ada di Kabupaten Paluta. Dan juga menyerahkan Sertifikat Layak Operasi, Surat Keputusan Bupati Paluta tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Kebijakan New Normal dalam Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Surat Edaran dari Pemkab Paluta kepada pengelola atau pemilik usaha.

“Si pengusaha atau pengelola diwajibkan menyerahkan surat pernyataan kesanggupan mentaati peraturan standar protokol kesehatan yang telah diatur sesuai SOP Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diatas materai 6.000. Jika melanggar akan dikenakan sanksi. Sertifikat akan ditarik kembali dan wajib untuk menutup usaha selama New Normal berlaku,” pungkasnya.

Dengan dibukanya kembali tempat wisata di Kabupaten Paluta, diharapkan segera bergerak untuk pulih dari keterpurukan yang menghantamnya karena pandemi Covid-19 yang melanda. Sehingga dapat memulihkan atau bahkan meningkatkan perekonomian masyarakat Paluta khususnya ekonomi masyarakat yang berada di sekitaran tempat wisata.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed