oleh

Anggota di PHK Sepihak, FSPMI Geruduk Kantor DPRD Sumut

Rakyatsumut.com, Puluhan buruh yang menamakan diri dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), menggelar demonstrasi di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara, Jumat (3/7/2020).

Aksi tersebut dilakukan sebagai buntut dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan PT Jui Shin Indonesia secara sepihak.

Pimpinan aksi, Apen Manurung mengatakan, sebanyak 97 pekerja di PT Jui Shin Indonesia di PHK tanpa hak sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan. Padahal, para buruh itu telah bekerja selama puluhan tahun.

“Perusahaan dengan seenaknya memutus hubungan kerja tanpa membayar hak para buruh,” kata Apen Manurung dalam orasinya.

Dijelaskannya, pemutusan hubungan kerja tanpa ada putusan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), diterima puluhan buruh setelah mereka melakukan mogok kerja menuntut hak normatif.

Namun, aksi mogok kerja yang dilakukan justeru dibalas dengan PHK kepada puluhan buruh yang notabenenya adalah anggota serikat buruh Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Aneka Industri (PUK SPAI) FSPMI.

“Saya kira bapak butuh makan, kami juga begitu. Kami butuh makan, ini soal periuk kami pak,” ujarnya.

Puluhan buruh itu meminta DPRD Sumut khusususnya komisi E, segera memanggil pihak perusahaan dan meminta kejelasan atas kebijakan yang dinilai merugikan buruh tersebut.

Tuntutan para buruh diterima oleh Humas kantor DPRD Sumut. Dalam penyampaiannya, pihak DPRD Sumut akan melanjutkan aspirasi tersebut ke komisi yang membidangi ketenagakerjaan.

“Aspirasi kawan-kawan akan segera kami sampaikan, mohon bersabar. Selanjutnya, DPRD akan menyurati perwakilan saudara-saudara vuntuk beraudiensi dengan komisi terkait,” ungkap perwakilan Humas DPRD Sumut.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed