oleh

Kajari Sibolga Musnahkan Barang Bukti Narkotika

Rakyatsumut.com, Kejaksaan Negeri Sibolga melakukan pemusnaan narkotika yang telah berkekuatan hukum tetap. pemusnaan tersebut dipimpin langsung Kajari Sibolga Henri Nainggolan.

Kepala Kejaksaan Negeri Sibolga Henri Nainggolan mengatakan, pemusnaan narkotika tersebut dalam ranga Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2020 dan menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 60 tahun 2020, kegiatan tersebut dilaksanakan dihalaman kantor Kejari Sibolga, Jumat (26/6/2020).

“Ganja yang dimusnakan sebanyak 16.729,02 gram dari 18 berkas perkara, shabu-shabu sebanyak 421,48 gram dari 46 berkas perkara dan ekstasi sebanyak 27 butir dari 3 berkas perkara, kesemuanya berkekuatan hukum tetap atau inckraht,” ungkap Henri.

Henri menambahkan, narkotika yang dimusnakan tersebut merupakan barang sitaan dari bulan Agustus 2019 sampai dengan Juni 2020, dirinya juga menyampaikan yang terpenting bagi intansi yang dipimpinnya untuk menghambat peredaran narkoba di Sibolga-Tapanuli Tengah.

“Ini barang yang sangat berbahaya, jadi perlu kita musnakan, guna menepis apabila ada anggapan penyalahgunaan barang bukti dan kita serius memberantasnya,” pungkasnya.

Senada dengan itu Ketua Pengadilan Negeri Sibolga Gabe Doris Mora Br. Saragih mengatakan, ketika perkara sudah diputuskan yang telah berkekuatan hukum tetap, Kajari sebagai eksekutornya harus melakukan pemusnaan barak bukti tersebut.

“Acara hari ini meripakan kelanjutan dari proses perkara yang telah diputuskan atau telah incraht,” ujar Gabe.

Gabe menambahkan perkara yang diputuskan di Pengadilan Negeri Sibolga, narkotika memiliki kasus tertinggi dari pada judi, pencurian dan perkara lainnya.

“Perkara narkotika itu statistiknya 50% selebihnya pencurian, judi dan lainnya,” tambahnya.

Ketua Pengadilan Negeri Sibolga ini berharap penyalahgunaan narkotika atau peredarannya berkurang di wilayah hukum Sibolga.

“Harapan kita penyalahgunaan narkotika atau peredaran narkotika diharamkan, karena merusak generasi bangsa kita,” Harapnya.

Editor: Rommy Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed