oleh

Pilkada Sibolga, PDI Perjuangan Terbuka Kepada non Kader

Rakyatsumut.com, Menjelang Pilkada Kota Sibolga 2020, suhu politik terus memanas. Para bakal pasangan calon terlihat bermunculan dan terus melakukan pendekatan ke partai-partai politik.

Sejumlah partai agaknya sudah menetapkan pasangan calon yang akan diusung, misalnya Partai Gerindra dan Partai Demokrat yang menjatuhkan pilihan ke pasangan Jamal Pohan-Pantas Tobing.

Sementara itu, di internal PDI Perjuangan, penggodokan bakal calon agaknya masih terus dilakukan. Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Soetarto mengungkapkan, pada Maret lalu, DPC Sibolga dan DPD Sumut telah dipanggil DPP menyampaikan pemetaan dan persentase para bakal calon.

Saat ini, nama-nama bakal calon yang menyerahkan berkas pendaftarannya sudah berada di DPP PDI Perjuangan untuk digodok dan dipertimbangkan.

“Kota sibolga secara khusus sudah digodok dan sudah disampaikan ke DPP dan pertimbangan ada di DPP partai,” kata Soetarto kepada Rakyatsumut.com lewat sambungan telepon, Kamis (25/6/2020).

BACA JUGA: Jamal-Pantas Dikabarkan Sudah Terima Rekomendasi 2 Partai Politik

Dikatakan, diperkirakan pada awal Juli nanti, tahapan selanjutnya akan dilakukan DPP Partai. Para bakal calon akan dipanggil.

“Nanti balon dipanggil ke DPP partai, siapa yang akan direkom akan dipanggil DPP, posisi DPD dan DPC tentu menunggu kebijakan partai,” kata Soetarto.

Soetarto menyebutkan, terdapat 13 nama bakal calon yang namanya sudah dihantarkan ke DPP. Di antaranya Bahdinur Tanjung, Edi Polo Sitanggang yang diketahui sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Sibolga sekaligus Wakil Wali Kota Sibolga.

BACA JUGA: Pilkada 2020, Pasien Covid dan OTG Tetap Dapat Hak Pilih

Berlanjut Darwin Pohan, Ahmad Kennedy Manullang, Ahmad Sulhan Sitompul, Andi Putra, Hotma Nainggolan, Pantas Tobing, Tarulis Asih, Ardiansyah, Tommi Sitompul dan Edward Siahaan

“Dan (nama-nama) ini sudah kita sampaikan ke DPP partai,” ucap Soetarto.

PDI Perjuangan Terbuka untuk Berkoalisi

Soetarto menuturkan, pada Pilkada Sibolga dimana PDI Perjuangan memiliki 2 kursi, tentu harus membangun koalisi untuk mengusung pasangan calon. Dia menuturkan, pihaknya tentu membuka diri berkoalisi dengan partai manapun.

“Tentu akan koalisi dan komunikasi dengan partai lain, intinya kita serahkan kepada balon secara strategis,” katanya.

BACA JUGA: KPU Medan Estimasi Penambahan 1.800 TPS Pada Pilkada 2020

Sementara, terkait kecenderungan mengusung kader internal, Soetarto menegaskan secara prinsip PDI Perjuangan memang memberi ruang yang besar.

“PDI tentu selalu mengutamakan kader partai,” katanya.

Kendati Soetarto mengaku, pihaknya tentu tak akan menutup diri kepada para para calon yang berasal dari luar partai. Tentu dengan ketentuan, calon dimaksud sesuai dengan kriteria PDI Perjuangan.

“Tentu melihat apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat, tokoh di luar partai yang bisa membangun kota sibolga, tentu kita juga akan terbuka yang non kader, dan terkusus yang berkomitmen dengan ideology Pancasila,” pungkas Soetarto.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed