oleh

Tenaga Medis di RSUD FL Tobing Sibolga Terpapar Covid-19

Rakyatsumut.com, Tenaga medis Rumah Sakit Umum FL Tobing dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSU Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Tenaga medis tersebut dikabarkan merupakan warga Kabupaten Tapanuli Tengah yang bekerja di RSU FL Tobing Sibolga.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga Firmansyah Hulu melalui pesan singkat kepada awak media.

“Ya, berdasarkan hasil TCM pertama, hasilnya positif,” ujar Firman kepada wartawan, Selasa (23/6/2020).

Firman menambahkan pihaknya telah melakukan tracing atau pelacakan terhadap orang yang telah memiliki kontak erat dengan pasien tersebut, dan selanjutnya akan dilakukan rapid test.

“Sebanyak 20 orang tenaga medis dan para medis RSU FL Tobing yang pernah melakukan kontak, sudah dilakukan rapid tes, hasilnya negatif, kemudian kita lakukan pengambilan Swab agar dilakukan PCR di RS Universitas Sumatera Utara (USU),” tambahnya.

Sementara, Kordinator Penanganan Covid-19 Kota Sibolga ini menerangkan, sebelumnya pasien tersebut berobat jalan ke RSU FL Tobing sebanyak 2 kali dengan gejala demam yakni pada 13 dan 16 Juni 2020, pada tanggal 18 juni 2020 pasien tersebut kembali datang berobat dan menjadi pasien rawat inap dengan diagnostik Typhoid fever.

“Saat rawat inap, tepatnya pada 20 Juni 2020 dilakukan rapid test kepada pasien, hasinya reaktif, 22 Juni 2020 yang bersangkutan dirujuk ke RSU Tarutung dan sehari setelahnya hasil TCM keluar dinyatakan positif Covid-19,” terangnya.

Senada dengan itu juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sibolga Binner Lumban Gaol saat dikonfirmasi awak media juga membenarkan informasi tersebut.

Binner pun mengimbau untuk berhati-hati dalam mempublikasikan sebelum pemeriksaan lebih dalam dilakukan kepada pasien tersebut.

“Sesuai informasi yang kami terima memang seperti itu, pengalaman sudah dua kali terjadi di Kota Sibolga hasilnya reaktif, sungguh demikian kita tetap waspada menunggu informasi selanjutnya dan terimakasih atas kepwdulian kita, sehat untuk masyarakat Sibolga,” harapnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed