oleh

Keindahan Objek Wisata Danau Sagayung Paluta

Rakyatsumut.com, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) memiliki banyak potensi destinasi wisata yang belum terlihat dan belum dimaksimalkan pengelolaannya untuk bidang pariwisata. Diantaranya, Danau Sagayung.

Danau ini dikelilingi oleh bukit-bukit kecil yang ditumbuhi  rerumputan layaknya savana. Danau kecil ini dahulunya hanyalah sebuah tempat pemandian kerbau atau kubangan kerbau. Namun seiring berjalan waktu lokasi ini dialihfungsikan sebagai destinasi wisata.

Belum jelas atas dasar apa tempat ini dinamakan Danau Sagayung, mungkin karena ukuran danaunya tidak begitu luas makanya dinamai ‘sagayung’ atau ‘segayung’ bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Danau Sagayung terletak di daerah Tano Ponggol, Desa Sibatang Kayu, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Paluta. Sekitar ± 30 Menit perjalanan dari Kota Gunung Tua, sedikit masuk ke pedalaman, akses jalannya bila musim hujan susah untuk dilewati. Kendati demikian destinasi wisata ini selalu ramai pengunjung, baik lokal maupun dari luar Kabupaten Paluta.

Rasika Dalimunthe, salah seorang pengunjung kepada Rakyatsumut.com bercerita, untuk bisa menikmati indahnya panorama Danau Sagayung kita hanya perlu membayar tarif sebesar Rp. 5.000,- untuk pengunjung yang menggunakan sepeda motor, dan Rp. 10.000,- untuk pengunjung yang menggunakan mobil.

“Namun jika hari-hari besar, seperti Idul fitri tarifnya naik satu kali lipat,” ungkapnya.

Sepanjang perjalanan menuju Danau Sagayung kita akan disuguhi panorama alam yang begitu mewah. Danau ini memiliki spot-spot foto yang sangat luar biasa indah, kita bisa berselfie ria sepuasnya, tentunya tanpa harus membayar alias gratis.

Lokasi danaunya juga bersih, kita akan sangat jarang menjumpai sampah maulun kotoran lainnya. Danau ini juga sangat bagus dijadikan sebagai lokasi camping.

Editor: Rommy Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed