oleh

Orangutan Muncul Tak Jauh dari Pemukiman Warga di Lau Kawar

Rakyatsumut.com, Seekor Orangutan muncul tak jauh dari pemukiman warga di Desa Pancur Simalem, kawasan objek wisata Lau Kawar, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Informasi diperoleh, kemunculan Orangutan yang diprediksi berjenis Orangutan Sumatera atau Pongo Abelii tersebut sudah sejak sepekan terakhir. Kemunculannya mengejutkan warga.

“Satu Minggu sudah. Sejauh ini tidak ada warga yang mengganggu dan Orangutan juga tidak mengganggu,” kata Pelin Depari, warga Kabupaten Karo kepada Rakyatsumut.com dalam pesan singkat, Kamis (18/6/2020).

“Warga berharap semoga Orangutan-nya dapat bertambah agar Lau Kawar semakin di lirik pengunjung mancanegara,” kata Pelin.

Terpisah, Kabid BBKSDA Wilayah I, Mustafa Imran Lubis membenarkan kemunculan Orangutan tersebut. Kepada Rakyatsumut.com melalui seluler, Mustafa menyebut kemunculan di lokasi tersebut memang yang pertama kali.

Mustafa menuturkan, keberadaan Orangutan tersebut masih masuk dalam kawasan Taman Wisata Deleng Lancuk dimana Danau Lau Kawar di lereng Gunung Sinabung berada.

“Danau Lau Kawar memang merupakan daerah jelajah Orangutan dari Habitat aslinya di Taman Nasional Gunung Leuser atau di Tahura Bukit Barisan,” kata Mustafa.

BACA JUGA:

Disinggung potensi terjadinya konflik orangutan dengan masyarakat karena jarak yang dekat, Mustafa mengaku agaknya itu tidak akan terjadi. Pasalnya, masyarakat sekitar menurut dia sudah sadar bahwa keberadaan Orangutan dilindungi.

“Masyarakat hanya kaget. (laporan mengganggu) Oh belum, karena tim kita juga berada di lokasi dan masyarakat sekitar juga sudah memahami,” ucapnya.

Terkait analisa kemunculan Orangutan tersebut, dia mengaku pihaknya masih melakukan kajian dan pendalaman, termasuk soal bobot dan jenis kelamin. Meski prediksi sementara, kehadiran Orangutan itu karena sumber makanan yang sedang berlimpah.

“Karena di lokasi tersebut banyak sumber makanannya yakni Buah Mbettung. Tapi selama ini memang belum pernah muncul, atau jangan-jangan di daerah itu memang selama ini ada, tapi baru ini memunculkan diri,” urai Mustafa.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed