oleh

Bom Jenis Mortir Gegerkan Warga Sergai, Ternyata Peninggalan Belanda

Rakyatsumut.com, Warga di Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, digegerkan dengan penemuan sebuah benda mencurigakan yang diduga bom.

Benda berbentuk lonjong tersebut ditemukan oleh seorang warga Mahlila Br. Sipayung (52) Warga Dusun I, Desa Batu 12, Kec. Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (08/02/2020) sekira pukul 11.30 WIB.

Kapolres Serdang Bedagai, Ajun Komisaris Besar Polisi Robin Simatupang mengatakan, benda yang diduga jenis mortir itu ditemuan saat sedang mencari ikan di sungai.

“Jadi saat itu warga yang menemukan tersebut memegang bongkahan yang kemudian dibersihkan, yang ternyata amunisi jenis mortir,” kata AKBP Robin Simatupang, melalui rilis resmi yang diterima Rabu (10/6/2020).

Atas penemuan tersebut, lanjut Kapolres Robin, warga yang sempat geger selanjutnya melaporkan hal itu ke Polsek Dolok Masihul. Personel yang mendapat laporan, kemudian mengamankan benda tersebut ke Mako Polsek guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Tim Jibom Brimobda Polda Sumatera Utara terkait temuan diduga bom jenis mortir tersebut. Dan akan dilakukan tindakan disposal atau peledakan,” beber Kapolres AKBP Robin.

Bom Jenis Mortir Diduga Peninggalan Zaman Belanda

Dijelaskan AKBP Robin Simatupang, terhadap benda yang diduga peledak jenis mortir tersebut dilakukan disposal (meledakkan) yang dilakukan di Areal Perkebunan PTPN III, kebun Sarang Giting, Desa Sarang Torop, Kec. Dolok Masihul, pada Selasa (09/06/2020) sekira Pukul 12 00 WIB.

Disposal dilakukan dengan cara menanam mortir di lubang sedalam 30 centimeter dan diledakkan dengan jarak 50 meter melalui alat pemicu, oleh Tim Jibom Brimobda Polda Sumatera Utara.

“Benda tersebut diduga merupakan peninggalan Belanda pada zaman dahulu dengan ukuran panjang 30 Cm, dan berdiameter 10 centimeter, dengan daya ledakan lebih kurang 30 meter,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed