oleh

USU Gelar Rapid Test Massal Gratis Guna Memutus Rantai Penularan

Rakyatsumut.com, Sebagai langkah memutus rantai penularan Covid-19, Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Rumah Sakitnya, melakukan pemeriksaan cepat (Rapid Test) secara gratis bagi warga Kota Medan, Selasa (9/6/2020).

Test cepat tersebut langsung dipantau oleh Rektor Universitas Sumatera Utara, Profesor Runtung Sitepu.

“Ini bentuk partisipasi USU melalui rumah sakit, untuk mengadakan pemeriksaan terhadap masyarakat secara gratis,” kata Profesor Runtung Sitepu.

Hal tersebut kata Runtung, sebagai upaya untuk memastikan masyarakat bebas dari paparan virus Corona.

Pelaksanaan Rapid Test gratis, lanjutnya, merupakan bantuan dari para donatur yang dihimpun USU untuk diberikan ke masyarakat.

“Jadi, bantuan ini dari pihak ketiga bukan dana universitas. Jadi kita salurkan niat dari donatur itu untuk membantu masyarakat baik alat regensia, Rapid Test, dan APD semua gratis,” tuturnya.

Dijelaskan Runtung, bantuan diberikan donatur secara bertahap. Saat ini, katanya, ada 10 ribu Rapid Test yang akan didistribusikan ke kabupaten/kota.

Sedangkan untuk masyarakat yang hasilnya reaktif, maka akan dilakukan tes Swab melalui metode PCR di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU).

“Hari ini kita lakukan di Kota Medan. Selanjutnya bantuan Rapid Test akan didistribusikan ke daerah di Sumatera Utara. Dan jika ada yang reaktif, akan dilakukan tes Swab,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed