oleh

Data Kependudukan 20 Ribuan Karyawan PTPN IV Diverifikasi dan Divalidasi

Rakyatsumut.com, Data kependudukan sebanyak 20 ribuan karyawan PTPN IV akan diverifikasi dan divalidasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumatera Utara.

Mengawali verifikasi itu, Disdukcapil menjalin Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV, Jumat kemarin. Kepala Disdukcapil Ismael P Sinaga dan SEVP Business Suport PTPN IV Ryanto Wisnuardy disaksikan Direktur Utama PTPN IV Sucipto Prayitno menandatangani PKS tersebut di Kantor PTPN IV, Jalan Jenderal Suprapto Nomor 2 Medan.

Ismael mengatakan, adanya kerja sama ini, PTPN IV akan memberikan data dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) karyawannya kepada Disdukcapil. Data tersebut akan digunakan untuk memverifikasi dan validasi data kependudukan yang ada di Disdukcapil Sumut.

BACA JUGA: Suap Gatot Pujonugroho, KPK Periksa 12 Mantan Anggota DPRD Sumut

“PTPN IV memiliki kurang lebih 20.000 karyawan dan itu perlu diverifikasi, validasi dan disinkronkan datanya agar tidak terjadi kesalahan, misalnya terkait karyawan baru, karyawan yang pensiun, anak karyawan dan lainnya,” ujarnya.

Menurut Ismael, kerja sama ini juga memungkinkan PTPN IV untuk mengakses data kependudukan yang ada di Disdukcapil, sehingga dapat dimanfaatkan PTPN IV untuk meningkatkan sumber daya manusianya dalam upaya mengembangkan perusahaan.

Karena itu, Ismael pun berharap dengan data karyawan yang lebih valid, PTPN IV mampu memberikan kontribusi yang besar kepada Sumut, terutama terkait kesejahteraan masyarakat. Dia pun berharap, kerjasama serupa juga dilakukan oleh PTPN lainnya agar perusahaan BUMN yang ada di Sumut (PTPN II dan III) ini berjalan lebih baik.

BACA JUGA: Oknum TNI Diduga Bunuh Istrinya, Kapolres Tapteng: Motif Sementara, Asmara

“Tidak sedikit masyarakat kita yang bekerja di PTPN IV dan yang memiliki hubungan bisnis dengan perusahaan ini. Jadi dengan semakin baiknya PTPN IV, maka itu akan menguntungkan masyarakat kita juga,” katanya.

Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno mengatakan, kerja sama PTPN IV dan Disdukcapil terkait pemanfaatan data kependudukan ini merupakan yang pertama di lingkup PTPN Grup.

PTPN IV akan diberi akses data kependudukan karyawan seperti nama, alamat terbaru, Kartu Keluarga, agama, usia, jenis kelamin dan lainnya. Data tersebut kemudian digunakan untuk efisiensi dan efektivitas SDM guna memperbaiki tata kelola SDM di PTPN IV.

“Kita akan memanfaatkan kerja sama ini untuk efektivitas dan efisiensi SDM yang ada di PTPN IV, sehingga akan membantu memperbaiki jalannya perusahaan. Dengan kerja sama ini kita akan berupaya untuk menyinkronisasi, verifikasi dan validasi data karyawan di PTPN IV, sehingga kita memiliki database karyawan yang akurat,” kata Sucipto.

BACA JUGA: Pemprov Sumut Godok Draf Pelaksanaan New Normal

Melalui kerja sama ini, PTPN IV akan membantu Disdukcapil Sumut menyosialisasikan pemanfaatan NIK, data kependudukan dan KTP elektronik kepada perusahaan-perusahaan lainnya, terutama BUMD. PTPN IV juga akan memberikan akses Nomor Induk Karyawan untuk melengkapi data kependudukan Disdukcapil Pemprov Sumut.

Sucipto juga berterima kasih kepada Pemprov Sumut karena telah mendukung PTPN IV menyinkronisasi, verifikasi dan validasi database karyawannya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemprov Sumut terutama Disdukcapil karena dalam menjalin kerja sama ini tidak mengalami kendala apa-apa. Sehingga kerja sama ini bisa cepat terjalin,” ujarnya.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed