oleh

Bupati Tapteng Salurkan 57 Ton Pupuk NPK, Bernisida dan Benih Padi

Rakyatsumut.com, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah menyalurkan bantuan Pupuk NPK, Herbisida dan Benih Padi yang berasal dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada 55 Kelompok Tani (Poktan) Pertanian Sawah di Kecamatan Kolang dan Sorkam, yang dilaksanakan di Kecamatan Kolang, pada Rabu (03/06/2020).

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya menyampaikan, bahwa yang mendapatkan bantuan pupuk NPK, herbisida, dan benih padi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk Provinsi Sumatera Utara hanya 4 kabupaten/kota saja, semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Kita mendapat 57 ton Pupuk NPK dan 2.280 liter Herbisida,” ucap Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

“Saya berharap, bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan bermanfaat untuk Bapak/Ibu sekalian. Setelah selesai penyaluran bantuan ini, saya akan melaporkan kembali ke Bapak Menteri Pertanian serta meminta agar bantuan ini dapat ditambah lagi dan ke depan kita berharap kepada Menteri Pertanian agar Kabupaten Tapanuli Tengah bisa mendapatkan bantuan lainnya dari Kementerian Pertanian,” harap Bakhtiar.

“Saat ini, kita sedang dilanda oleh Covid-19, dan alhamdulillah, puji Tuhan, kita mendapat Informasi bahwa kita masih dalam kondisi Zona Hijau. Dalam artian bahwa hingga saat ini kita yang di Kabupaten Tapanuli Tengah ini tidak ada yang terkena Covid-19, tapi pencegahan dan pengawasan harus terus kita tingkatkan karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Pupuk yang kita bagikan ini adalah gratis, dan harapan saya, hari ini semua bisa dibagikan ke masyarakat melalui kelompok tani, dan bisa dipergunakan langsung ke lahan pertanian masing-masing.

“Kami harapkan juga yang mendapat pupuk ini benar-benar adalah petani, dan saya ingatkan juga kepada masyarakat Kelompok Tani yang menerima bantuan ini agar tidak menjualnya ke Toko, apabila ketahuan akan kami pidanakan,” sambungnya.

“Ini diberikan untuk meningkatkan taraf hidup para petani. Saya juga mengatakan kepada kita semua agar jangan terlalu percaya dengan orang yang tiba-tiba baik datang dari luar daerah ataupun dari Perantauan dengan mengatakan “Di jou ahu mulak giot paturehon hutaon” (dipanggil aku pulang untuk memperbaiki kampung halaman ini_red) karena ada yang sudah merantau sampai 30 tahun baru berkata demikian. padahal selama ini tidak ada, yakinlah bahwa anak yang ada di Tapanuli Tengah yang lebih mampu dan lebih paham untuk membangun Kabupaten Tapanuli Tengah ini,” tegas Bakhtiar.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tapanuli Tengah drh. Iskandar mengatakan, bahwa bantuan Pupuk NPK, Herbisida, dan Benih Padi ini untuk 55 Kelompok Tani (Poktan) di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kolang sebanyak 37 kelompok tani dan di Kecamatan Sorkam sebanyak 18 kelompok tani.

“Bantuan Pupuk, Herbisida, dan Benih Padi ini berasal dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan disalurkan kepada Petani Sawah tadah hujan di Kabupaten Tapanuli Tengah. Bantuan yang kita salurkan ini terdiri dari Pupuk NPK sebanyak 57 ton, Herbisida sebanyak 2.280 liter dan Benih Padi sebanyak 45,6 ton,” jelasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed