oleh

SMA Matauli Siapkan Strategi Jelang Tahun Ajaran Baru di Tengah Pandemi, Simak Penjelasannya

Rakyatsumut.com, Tahun ajaran baru sekolah 2020/2021 akan segera dimulai. Sayangnya, pandemi covid-19 masih terus berlangsung. Pemerintah sendiri, telah menerapkan metode new normal agar dampak dari wabah tidak berkepanjangan.

Menghadapi akan segera dimulainya tahun ajaran baru tersebut, pihak sekolah tentu harus mempersiapkan diri. Misalnya Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Matauli Pandan, yang menyebut mewacanakan pelajaran baru dimulai 13 Juli mendatang.

“Rencana satu, masuk tahun pelajaran baru 13 Juli dengan tetap menunggu instruksi Disdiksu (Dinas Pendidikan Sumatera Utara)” kata Kepala SMA Matauli Murdianto kepada Rakyatsumut.com, Selasa (2/6/2020).

Kendati mewacanakan jadwal masuk tersebut, Murdianto menyebut pihaknya juga mempersiapkan 3 metode lain menghadapi kemungkinan pandemi yang masih berkepanjangan.

Metode pertama, kata Murdianto, yakni metode Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan sistem shift. Metode kedua, dimana siswa yang berasal dari Tapteng dan Kota Sibolga saja yang ikut Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan sistem tatap muka.

“Tetapi langsung bisa diikuti oleh siswa dari luar daerah dengan metode CCTV IP cam, dan juga sedang kita siapkan pakai aplikasi google classroom,” kata Murdianto.

BACA JUGA:

Skema lain, sambung dia, dimana Siswa asal Kabupaten Tapteng dan Sibolga yang masuk dengan KBM tatap muka, sementara semua kegiatan di kelas akan di vidiokan dan dikirim ke siswa yang berada di luar daerah.

“Beberapa metode diatas sedang kami godok sambil menunggu perkembangan selanjutnya, prinsipnya kita sudah antisipasi berbagai strategi, sehingga siswa tetap dapat belajar dengan situasi yang ada,” ujar Murdianto.

Sebelumnya dia mengungkapkan, saat ini di sekolah yang ia gawangi tetap menjalankan program pembelajaran selama masa pandemi berlangsung. Misalnya, dimana saat ini sedang berlangsung ujian kenaikan kelas untuk Kelas X dan Kelas XI.

“Ujian sejak 2 Juni sampai 13 Juni dengan moda daring (dalam jaringan),” kata Murdianto.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed