oleh

362 Calon Jemaah Haji di Paluta Batal Berangkat, ini Penjelasan Kemenag

Rakyatsumut.com, Tahun ini, sebanyak 362 calon jemaah haji di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, batal berangkat untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Paluta, H Parmohonan Siregar melalui Kasi Haji, H. Haddad Ulum Harahap menindak lanjuti putusan Pemerintah melalui Menteri Agama Fachrul Razi, Selasa (2/6/2020).

Haddad Ulum Harahap mengatakan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama memutuskan untuk pembatalan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2020.

BACA JUGA:

Keputusan tersebut diambil mengingat pandemi Covid-19 masih melanda hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

“Dalam surat edaran Menteri Agama ini tertuang bahwa jemaah yang batal berangkat tahun ini akan  diberangkatkan tahun depan, tentu dengan memperhatikan virus Corona reda,” ungkapnya.

Lanjutnya, total Ongkos Naik Haji (ONH) yang sudah dilunasi jemaah wilayah Kabupaten Paluta senilai Rp 32.172.602. Terkait adanya pembatalan pemberangkatan, bilamana perlu para jemaah bisa menarik kembali biaya yang sudah dilunasi.

“Jemaah yang ingin menarik kembali biaya yang sudah dilunasi, diarahkan segera berkoordinasi dengan Kemenag. Kemudian Kemenag akan menyampaikan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Bank Penerima Setoran (BPS),” terangnya.

Tambahnya, mengenai mekanisme pemberitahuan keputusan pembatalan pemberangkatan ini kepada para jemaah, pihak Kemenag melalui Kasi Haji akan berkoordinasi dengan Kantor Urusan Agama (KUA) setiap Kecamatan di wilayah Kabupaten Paluta.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed