oleh

Puluhan Hektare Lahan Sawah di Desa Bottot Kekeringan, Petani Minta Solusi Cepat dari Dinas Pertanian

Rakyatsumut.com, Petani di Desa Bottot, Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah menjerit. Pasalnya, puluhan hektar sawah mereka saat ini mengalami kekeringan akibat musim kemarau.

Bendahara kelompok tani Bagota di desa setempat Nawarman Purba mengatakan, lahan persawahan di tempat mereka memang hanya mengharapkan turun hujan jika musim tanam.

“Untuk itu kami berharap Pemkab Tapanuli Tengah dalam hal ini Dinas Pertanian dapat memberikan solusi kepada kami agar kami tetap bisa menanam padi tahun ini,” kata Nawarman Purba kepada Rakyatsumut.com, Jumat (29/5/2020).

Nawarman mengatakan pihaknya perwakilan dari beberapa kelompok tani di Desa Bottot telah mencoba mengkomunikasikan keluhan mereka kepada Kepala Dinas Pertanian Tapanuli Tengah, Dr Iskandar.

“Kami sudah mencoba komunikasikan kepada Kadis, beliau mengarahkan kami untuk ke kantor dan menemui Kabid Penyuluhan ibuk Ampuan Naibaho,” katanya.

Mesin pompa yang disewa para petani di Desa Bottot untuk mengairi sawah. Foto: Rakyatsumut.com/ Afip
Mesin pompa yang disewa para petani di Desa Bottot untuk mengairi sawah. Foto: Rakyatsumut.com/ Afip

Setelah bertemu Kabid Penyuluhan, Nawarman mengatakan pihaknya disambut baik, namun saat pertemuan itu, Dinas Pertanian mengaku tidak memiliki solusi cepat agar para petani dapat segera menanam padi.

“Tadi kami disambut baik, namun saat itu ibu Kabid meminta kami untuk membuatkan proposal terlebih dahulu,” katanya.

Lebih lanjut Nawarman mengatakan, saat ini para petani di Desa Bottot membutuhkan solusi cepat dari Dinas Pertanian, karena menurutnya kalau harus mengajukan proposal terlebih dahulu pasti penganggarannya membutuhkan jangka waktu yang lama.

“Saat ini kami butuh solusi cepat, tadi kami berharap Dinas Pertanian dapat memberikan kami mesin pompa Robin 9 PK beserta selangnya,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed