oleh

Antisipasi Pandemi Covid-19, Wakapolres Taput: Solad Id dan Takbiran di Rumah Saja

Rakyatsumut.com, Kapolres Taput Jonner Samosir, melalui Wakapolres Taput mengatakan, bahwa untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, sebaiknya pelaksanaan Takbiran dan Solat Idul Fitri dilaksanakan di rumah saja.

“Kita bersama Kodim dan Satpol PP akan tetap melaksanakan razia kerumunan masyarakat di lapo-lapo, ini masih aktif dilakukan namun kesadaran masyarakat masih sangat kurang,” katanya dalam rapat koordinasi Forkopimda yang dipimpin Bupati Taput, Nikson Nababan, pada Jumat (22/5/2020) di Sopo Rakyat Kanopi Rumah Dinas Bupati, Tarutung.

Pada kesempatan itu, peserta rapat memberikan masukan terkait beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai bentuk ketegasan agar masyarakat tetap melaksanakan imbauan terutama menghindari kerumunan dan wajib pakai masker.

BACA JUGA: Empat Hari Bertugas di Taput, Kapolres Kunjungi Polsek Terpencil dan Bagikan Sembako

“Disiplin masyarakat masih sangat jauh dari yang diharapkan, dikhawatirkan dapat mengakibatkan penyebaran virus corona semakin tidak terkendali. Kegiatan validasi data penerima bantuan yang melibatkan TNI dan Polri harus dengan suatu legalitas yang sah, sehingga transparansi yang kita lakukan ini akan mampu memberikan kepercayaan masyarakat,” ucap Dandim 0210/TU Rony Agus Widodo.

Usai diskusi bersama, disepakati bahwa Rakor selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 29 Mei untuk menentukan masa tanggap darurat.

“Kita sepakati bersama bahwa tetap diimbau agar pelaksanaan Ibadah dilaksanakan di rumah saja sampai dengan masa tanggap darurat yang telah kita tetapkan,” ujar Bupati Taput, Nikson Nababan.

BACA JUGA: Kapolda Sumut Cek Pos Pengamanan Ketupat Toba 2020 di Medan

“Kita juga sepakati langkah tegas dalam membubarkan kerumunan masyarakat, pengawasan di Pasar agar semua pengunjung pasar wajib pakai sarung tangan dan masker, tetap melakukan sosialisasi imbauan ini, bila perlu kita siapkan sanksi bagi yang melanggar,” katanya lebih lanjut.

Untuk bantuan, Nikson menegaskan akan terus berupaya, agar semua bantuan tersalur dengan baik dan cepat.

“Finalisasi penyempurnaan data Kemensos dilakukan dengan koordinasi penuh yang melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas. Kita tetap upayakan percepatan penyaluran segala bentuk program Bantuan Sosial dari Pemerintah termasuk dari Dana Desa,” tutup Bupati Nikson.

Editor: Rommy Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed