oleh

Hari Ketiga Pencarian, KM Gemilang Asal Barus Belum Juga Ditemukan

Rakyatsumut.com, Hari ketiga pencarian, Rabu (20/5/2020), kapal Jaring Apung bernama lambung KM Gemilang 717 GT 02 asal Desa Para Tarandam, Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara belum juga ditemukan.

Korpos SAR Sibolga, Hari Susanto menuturkan, pencarian hari ini melibatkan tim SAR Gabungan TNI AL Lanal sibolga, Baharkam Polairud Mabes dan pihak keluarga. Sesuai SAR Maps Prediction, lanjut dia, pencarian dilakukan sejauh 75 mil arah Barat Daya, Pulau Ilik dan Kalimantung.

“Pencarian dibagi dua sektor, arah Selatan dan Barat Daya sekitar pulau Ilik dan Kalimantung,” jelas Hari.

Dia menuturkan, cuaca buruk kembali menjadi tantangan tim SAR gabungan dalam melakukan pencarian. Ketinggian ombak di kawasan pencarian mencapai 1,5 meter.

“Sesuai arahan dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Nias M Agus Wibisono, melalui Kasi Operasi Benteng Hilton Telaumbanua, agar pencarian untuk besok dievaluasi kembali agar pencarian lebih optimal,” kata Hari.

BACA JUGA:

Dia menambahkan, selain pencarian yang dilakukan pihaknya, upaya lain untuk menemukan keberadaan kapal tersebut juga terus dilakukan.

“Upaya juga telah dilaksanakan dengan menyampaikan kepada nelayan yang ada di pulau tersebut untuk melaporkan, apabila ada tanda-tanda korban ditemukan,” tukas Hari.

KM Gemilang 717 GT 02 dilaporkan hilang kontak sejak Minggu (17/5/2020). Kapal tersebut diawaki 2 orang, Usman Harahap, usia 50 tahun sebagai Nahkoda dan ABK Fami, usia 38 tahun.

KM Gemilang 717 disebutkan berangkat melaut dari kualo Pasar Tarandam Barus pada hari Jumat 15 Mei 2020 pukul 14:00 WIB, dengan rencana menangkap ikan di perairan Pulau Mursala.

Dan pada hari Minggu 17 Mei 2020 pada pukul 17:00 WIB, pemilik kapal menghubungi nahkoda menggunakan telepon namun tidak ada jawaban.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed