oleh

Bocah Belasan Tahun di Sibolga Mencuri Tas, Ibunya Dipenjara

Rakyatsumut.com, Karena ulah Kumbang, nama inisial, remaja berusia 15 tahun warga Jalan Santeong, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kota Sibolga, Sumatera Utara yang mencuri tas berisi perhiasan dan uang puluhan juta, ibunya MG, 33 tahun akhirnya dijebloskan ke penjara.

Keterangan tertulis Kasubbag Humas Polres Sibolga, Ipda R Sormin, Jumat (15/5/2020), kasus ini terjadi Senin (4/5/2020) lalu. Awalnya polisi menerima laporan dari Ronny Limbong, usia 42 tahun, ibu rumah tangga, warga jalan Gambolo nomor 131, Kelurahan Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas.

“Ronny melaporkan kehilangan tas miliknya berisi uang senilai Rp50 juta dan 3 cincin emas di Pasar Nauli Blok B, Sibolga. Ronny mengaku meletakkan tas itu di pelataran kios saat melayani konsumen, setelah melayani konsumen Ronny ke kios sebelah dan bercerita-cerita, dan setelah itu Ronny melihat tasnya telah hilang,” tutur Sormin.

Pasca menerima laporan itu, tim Opsnal Polres Sibolga melakukan penyelidikan dan kemudian menangkap 4 orang di satu rumah di jalan SM Raja Sibolga, 2 di antaranya Kumbang dan ibunya MG. setelah dilakukan pemeriksaan, 2 orang dilepaskan karena tidak cukup bukti.

Setelah mendapat keterangan dari Kumbang dan MG, Sormin mengaku telah dilakukan diversi atau penyelesaian diluar proses pengadilan. Namun proses tersebut gagal dilakukan, dan proses hukum akhirnya dilanjutkan.

BACA JUGA:

Sementara itu lanjut Sormin, Kumbang membenarkan mengambil tas milik Ronny. Dia melakukannya seorang diri. Uang yang ia dapat digunakan membeli gawai dan sepeda motor. Sisa uang yang ia gunakan serta 2 cincin tersebut ia serahkan kepada ibunya MG.

“MG tidak mengetahui kapan dan dimana tersangka 1 (Kumbang-red) mengambil barang. Ia juga membenarkan menerima 2 cincin mas serta uang dari Kumbang dan menyimpannya. Awalnya MG sudah curiga. MG juga mengaku belum menggunakan uang yang diberikan anaknya,” kata Sormin.

Terhadap Kumbang, lanjut Sormin, tidak dilakukan penahanan berdasarkan pasal 32 ayat 1 Undang Undang no 11 tahun 2012 tentang Sistim Peradilan Anak. Kendati Kumbang diduga telah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dlm padal 363 ayat 2 Subs 362 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun

“Dan MG ditahan dan telah dititipkan ke Lapas Sibolga, diduga telah melakukan tindak pidana Pertolongan kejahatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 480 Subs 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun,” kata Sormin.

Editor: Rommi Pasaribu

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed