oleh

Dana BST Dari Kemensos Mulai Disalurkan Di Sibolga

Rakyatsumut.com, Dana Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp600 ribu dari Kementrian Sosial mulai disalurkan kepada para penerima di Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Penyaluran diawali dengan berlangsungnya launching bantuan tersebut, Kamis (14/5/2020). Wali Kota Syarfi Hutauruk dan Forkopimda tampak hadir pada acara itu.

Wali Kota dalam sambutannya menyebutkan, jumlah penerima BST di Sibolga tercatat sebanyak 5.466 Kepala Keluarga dan akan disalurkan secara bertahap melalui kantor Pos.

“Bantuan disalurkan sejak hari ini hingga tanggal 19 Mei, setiap KK menerima enam ratus ribu rupiah,” kata Syarfi.

BACA JUGA: Status Terakhir Dua PDP asal Sibolga Dirilis, Negatif Covid-19

Ambil BST Harus Bawa Persyaratan

Kepala Cabang Kantor Pos Sibolga Agus Syaiful mengatakan, untuk mengambil bantuan tersebut, warga harus membawa sejumlah persyaratan.

“Warga harus bawa KK dan KTP asli untuk pencairan dananya,” kata Syaiful kepada Rakyatsumut.com.

BACA JUGA: 4.546 Tenaga Honorer Terima Bantuan Pangan dari Pemkab Taput

Penerima BST, Diluar Penerima PKH, Rastra dan Sembako

Sementara Koordinator Bantuan Sosial Abdul Wahab Piliang menuturkan, warga penerima BST merupakan warga yang terdampak wabah Covid-19 diluar PKH, Rastra dan penerima sembako dari Pemko Sibolga.

Menurut dia, BST ini merupakan bantuan stimulus dari Kementerian Sosial Republik Indonesia kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. BST tersebut diberikan selama 3 bulan berturut-turut.

BACA JUGA: Basarnas Medan Evakuasi Mayat dari Sumur PTPN II

Pada tahap pertama ini, lanjut dia, BST tersebut untuk bulan April. Dan pada bulan ini juga, akan kembali disalurkan BST tahap kedua untuk bulan Mei.

“Sehingga nantinya, penyaluran untuk tahap ketiga yakni untuk periode bulan Juni, direncanakan akan selesai tepat waktu,” kata Wabah.

Dinsos Sibolga Usulkan 7.489 Penerima BSR

Dijelaskan, para penerima BST merupakan masyarakat yang tidak terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Para penerima, lanjut Wahab sudah terverifikasi di Kemensos.

Menurut Wahab, pihaknyua mengusulkan sebanyak 7.489 KK sebagai penerima BST. Kendati yang masih dicairkan saat ini masih sebanyak 5.466. Wahab mengaku tidak mengetahui kapan pencairan BST kepada sekitar 2 ribuan penerima lain akan dicairkan.

“Sisanya akan menyusul,” ucapnya.

BACA JUGA: Ledakan di Cemara Asri Sebabkan Satu orang Cedera

Sementara itu Wahab menuturkan, bagi warga yang belum mendapat BST masih bisa mengajukan pengusulan. Yakni dengan mengurus berkas dan dokumennya kepada Kelurahan dimana berdomisili.

“Masih ada waktu bagi warga yang belum mendapat, persyaratannya bisa ditanyakan ke lurah masing-masing,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed