oleh

Jelang Idul Fitri, Stok Bahan Pokok di Sumut Diklaim Mencukupi

Rakyatsumut.com, Menjelang perayaan Idul Fitrik 1441 Hijriyah, ketersediaan bahan pokok di Sumatera Utara (Sumut) dipastikan dalam kondisi mencukupi.

Demikian kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut Zonny Waldi, saat menyampaikan keterangan pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (13/5/2020).

Zonny menyebut, beberapa komoditas bahkan mengalami surplus. Meski ada kenaikan, harga sejumlah bahan pokok relatif terkendali. Karena itu masyarakat diminta tidak khawatir dan taidak melakukan pembelian secara besar-besaran.

BACA JUGA:

Untuk beras, kata Zonny Waldi, saat ini tersedia 609.384 ton dengan kebutuhan per bulan rata-rata 159.809 ton, daging sapi tersedia 1.350 ton dengan kebutuhan rata-rata per bulan 1.128 ton. Namun, daging sapi mengalami kenaikan dari harga rata-rata Rp110.000 menjadi Rp111.000.

Begitu juga dengan ayam ras, saat ini tersedia 12.164 ton dengan kebutuhan rata-rata 6.982 ton per bulan.

“Beras surplus dan cukup untuk tiga hingga empat bulan ke depan, begitu juga dengan daging sapi serta ayam ras. Namun, untuk daging sapi ada kenaikan Rp1000 dari harga rata-ratanya dibanding sebelum Ramadan,” kata Zonny.

sementara itu Zonny menyebut, bahan pokok lainnya seperti telur, garam, minyak goreng, jagung, tepung terigu, bawang putih dipastikan tetap stabil.

“Bahan pokok lainnya stabil baik harga dan juga ketersediannya,” tutup Zonny.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed