oleh

Jelang Idul fitri, Pemprov Sumut Pelototi Fluktuasi Harga Gula dan Bawang Merah

Rakyatsumut.com, Menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah, Pemprov Sumut mengaku memberi perhatian khusus kepada dua jenis komoditas: Gula dan Bawang Merah.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Zonny Waldi, dalam keterangan pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (13/5/2020).

Disebutkan, kedua komoditas ini mengalami lonjakan harga yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Tercatat kenaikan harga gula dari Rp12.500 per kg menjadi Rp19.000 kg.

Karena itu, lanjut Zonny, Pemerintah dengan penugasan PT Medan Sugar Indonesia akan mengelola gula rafinasi menjadi gula konsumsi sebanyak 15.000 ton per bulan untuk membantu kebutuhan gula di Aceh, Sumut dan Bangka Belitung. Kemudian ditambah lagi produksi gula dari PTPN II yang mampu memproduksi sebanyak 5.000 ton per bulan.

“Kita juga melakukan operasi pasar sehingga terjadi penurunan harga gula yang cukup signifikan. Bila harga sebelumnya Rp19.000 sekarang rata-rata Rp17.500 bahkan di Medan rata-rata 14.500 Rupiah per kilogram. Kita akan terus berupaya menurunkan harga gula hingga mencapai 12.500 Rupiah per kilogram,” tambah Zonny.

BACA JUGA:

Sementara untuk komoditas bawang merah, Zonny menyebut terjadi kenaikah harga yang lebih. Yakni dari Rp30.000 per kg menjadi Rp60.000 kg. Hal itu terjadi karena terbatasnya stok di pasaran.

Menurut Zonny, Sumut hanya mampu memenuhi 40% kebutuhan warganya dan saat ini distribusi barang antar provinsi di Indonesia mengalami kendala.

Atas kondisi ini, sambung dia, Pemprov Sumut memutuskan akan membeli bawang merah dari Brebes Jawa Tengah, agar kebutuhan terpenuhi dan harga bisa ditekan ke level Rp40.000 per Kg.

“Ini terjadi di seluruh Indonesia kecuali Jawa Tengah. Kita akan membeli bawang merah dari Brebes untuk memenuhi kebutuhan bawang merah kita di sini,” kata Zonny.

Editor: Rommi Pasaribu

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed