oleh

Kasus Covid-19 di Sumut Meningkat, 17 Orang Dinyatakan Positif

Rakyatsumut.com, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara menyatakan pasien yang dinyatakan positif di Sumatera Utara kembali mengalami peningkatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, dr Whiko Irwan mengatakan pasien positif Covid-19 bertambah 17 orang, sehingga total menjadi 196 orang.

“Jumlah positif tersebar di beberapa wilayah diantaranya Kota Medan 8 orang, Deliserdang 2 orang, Kabupaten Toba 1 orang dan 1 orang dari Langkat. Sedangkan 5 pasien positif lainnya belum diketahui asal domisilinya,” ujar dr Whiko saat paparan perkembangan Covid-19 di Sumut, Senin (11/5/2020).

BACA JUGA:

Sementara untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 151 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 635 orang.

Sedangkan pasien sembuh hingga hari ini ada 48 orang dan 24 pasien positif Covid-19 meninggal dunia.

“Peningkatan angka positif Covid-19 melalui metode PCR ini tentu semakin membuat tenaga kesehatan semakin berat. Untuk itu kami meminta masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan,” sebutnya.

Dikatakan Whiko Irwan, peningkatan jumlah pasien positif menunjukkan bahwa penyebaran masih terjadi. Sehingga masyarakat diminta tidak abai dan tetap mematuhi protokol yang ada.

Penggunaan masker, lanjutnya, wajib dipakai baik orang sakit maupun sehat dan juga bagi yang sudah sembuh untuk memutus rantai penularan.

“Penularan menurun menjaid 5 persen bila memakai masker, dan resiko penularan menurun menjadi 1 persen bila semua orang memakai masker, cuci tangan dan menghindari keramaian,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed