oleh

Belasan Ribu Pekerja Terancam PHK, Disnaker Sumut: Pengusaha Wajib Berikan Pesangon

Rakyatsumut.com, Pemutusan hubungan kerja kembali mengancam pekerja di sektor perhotelan dan pariwisata. Tidak tanggung-tanggung sebanyak 12.700 pekerja yang dirumahkan akibat terdampak pademi Covid-19, terancam Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tanpa pesangon.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utar, Harianto Butar-butar. Dikatakannya, sebanyak 12.700 pekerja dirumahkan pasca penutupan sejumlah lokasi wisata di Sumatera Utara selam pandemi Corona.

“Pekerja yang dirumahkan bergerak di sektor perhotelan dan layanan di lokasi-lokasi wisata,” kata Harianto, Rabu (6/5/2020).

BACA JUGA:

Terkait ancaman PHK tanpa pesangon, kata Harianto, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengimbau agar pengusaha tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama pandemi.

Namun demikian  jika memang harus terpaksa harus melakukan PHK, Pemerintah Provinsi Sumut meminta pengusaha memenuhi kewajibannya berupa pesangon kepada para pekerja.

“Jika terpaksa PHK, pengusaha wajib memberikan pesangon sesuai dengan aturan yang berlaku dengan memperhatikan kondisi yang tengah terjadi,” ucapnya.

Diketahui, selama menghadapi pandemi Covid-19, sejumlah usaha perhotelan di lokasi pariwisata di Sumatera Utara di tutup. Penutupan tersebut menyebabkan pengusaha perhotelan dan pariwisata terpaksa merumahkan sejumlah karyawannya untuk menghindari kerugian.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed