oleh

Jelang Waisak, Petugas Gabungan Semprot Vihara Terbesar di Asia Tenggara

Rakyatsumut.com, Menjelang perayaan Waisak yang jatuh pada 7 Mei 2020, petugas gabungan TNI/Polri melakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah Vihara di Kota Medan, Rabu (6/5/2020).

Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh petugas gbungan dari Polsek Percut Sei Tuan dan Koramil Percut Sei Tuan. Rumah ibadah umat Budha yang disemprot diantaranya Vihara Therevada Buddhist Centre yang berada di Komplek Cemara Asi dan Maha Vihara Maitreya.

Pengurus Maha Vihara Maitreya, Krismanto mengatakan, sangat bersyukur atas upaya penyemprotan yang dilakukan oleh petugas dari kepolisian dan TNI tersebut. Menurutnya, meski perayaan Waisak tidak seperti tahun sebelumnya, namun hal tersebut akan menambah ketenangan saat pelaksanaan ibadah ditengah pandemi Covid-19.

“Sangat bersyukur karena pihak kepolisian dan TNI mau menyemprot sebelum hari pelaksanaan Waisak. Meskipun tahun ini berbeda, jamaah tidak bisa berdoa, hanya Pandita yang berdoa di Vihara karena adanya wabah Corona,” kata Krismanto.

BACA JUGA:

Dijelaskan Krismanto, Maha Vihara Maitreya merupakan vihara terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun lalu, perayaan Waisak diperkirakan ada sebanyak 3000 jemaah yang hadir dan berdoa disana.

Sementara itu, Kapolsek Percut Sei Tuan Komisaris Polisi Aris Wibowo yang hadir dalam kegiatan penyemprotan tersebut mengatakan, beribadah sesuai ajaran agama dan kepercayaan merupakan hak yang telah diatur Undang-Undang. Kehadiran TNI dan Polri sebagai upaya menjamin hak tersebut terlaksana dan berjalan aman.

“Yang kita lakukn bersama dengan TNI adalah memastikan masyarakat beribadah dengan tenang dan aman,” ungkap Kompol Aris Wibowo.

Dikatakan Aris, dalam sejarah sejak berdirinya, pintu depan Maha Vihara Maitreya tidak pernah di tutup. Namun di tahun ini, lanjutnya, saat wabah Covid-19 melanda maka seluruh pintu di tutup.

“Ibadah waisak besok akan dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed