oleh

Demo Turunkan BBM Dibubarkan, Empat Mahasiswa UINSU Ditangkap

Rakyatsumut.com,  Aksi puluhan mahasiswa dalam menuntut penurunan harga minyak di Kantor Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Sumatera Utara yang berada di Jalan Putri Hijau Medan, berakhir dibubarkan oleh petugas kepolisian, Rabu (6/5/2020).

Dalam aksinya, mahasiswa yang menamakan diri dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) mendesak Pertamina untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), karena harga minyak dunia mengalami penurunan.

Selain menggelar aksi demonstrasi, para mahasiswa itu juga membawa sumbangan uang sebagai sindiran terhadap Pertamina yang dinilai kekurangan uang sehingga harga BBM tak kunjung turun.

Namun tidak berlangsung lama, aksi puluhan mahasiswa itupun langsung dibubarkan paksa oleh petugas kepolisian yang berjaga. Sempat terjadi perlawanan dari mahasiswa, lantaran jumlahnya sedikit, akhirnya empat mahasiswa diamankan ke Mapolrestabes Medan.

BACA JUGA:

Kapolsek Medan Barat, Komisaris Polisi Afdal Junaidi yang langsung memimpin pengamanan aksi tersebut mengatakan, pihaknya sebelumnya telah mengimbau kepada para mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi, akan tetapi tidak diindahkan.

“Kita imbau secara persuasif dan kemarin sudah kita lakukan penggalangan agar tidak melakukan kegiatan demonstrasi selama pandemi Covid-19. Untuk itu mereka kami bawa ke Polrestabes Medan,” kata Kompol Afdal Junaidi.

Afdal menegaskan, upaya pembubaran demonstrasi sudah sesuai Maklumat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, terkait protokol kesehatan selama pandemi Corona.

Sementara terkait tindakan yang akan diberikan kepada empat mahasiswa UINSU tersebut, Kapolsek Medan Barat itu mengaku belum bisa mengatakan.

“Kita lakukan dulu penyelidikan dan penyidikan terhadap keempatnya. Setelah kita ambil keterangan dari mereka baru akan kita akan cek asal kampusnya darimana,” pungkasnya.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed