oleh

Terkait BLT, Bupati Nikson: Akan Dimulai Dari Kemensos

Rakyatsumut.com, Terkait penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengaku ada kemungkinan akan disalurkan pada pekan ini.

Bupati menuturkan hal tersebut pasca berlangsungnya teleconference dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Senin (4/5/2020) kemarin.

Bupati menuturkan, pihaknya telah mengusulkan sebanyak 22 ribu lebih penerima di Tapanuli Utara.

“Tadi saya tanya pada Kementerian (sosial) barangkali minggu ini di eksekusi,” kata Bupati kepada Rakyatsumut.com.

Nikson menjelaskan, realitasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut akan dimulai dari Kemensos, berlanjut ke provinsi dan terakhir ke dana desa.

“Nah kita sekarang, kalau sudah data (BLT) dari Kemensos ini turun, dieksekusi (direalisasikan-red) dan dari Gubernur sudah di eksekusi, maka nanti dana desa berikutnya yang akan mengeksekusi,” kata Nikson.

BACA JUGA:

Disebutkan, perubahan data masih dimungkinkan akan terjadi, termasuk terdapatnya data ganda.

“Karena data itu (tahun) 2015, itu juga gak perlu diheboh-hebohkan masyarakat. Yang penting nanti dia juga dapat,” kata Bupati.

Kendati politisi PDI Perjuangan ini menyebut, masyarakat tak perlu khawatir, pasalnya semua masyarakat yang layak dipastikan menerima bantuan.

“Itu kan ada persyaratan bahwa itu harus merujuk kepada KK dan NIK. Yang tidak memiliki Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di desa, itu tanggungjawab kita (Pemda-red), begitu juga yang dikelurahan tidak ada dana kelurahan, berarti itu murni tanggungjawab kita APBD,” urainya.

Tiga Perempat Penduduk Taput Terimbas Dampak Covid-19

Sementara itu, disinggung dampak pandemi covid-19 di Taput terkhusus soal pendapatan perkapita masyarakat, Nikson menyebut wabah ini berpengaruh kepada setiap profesi.

“Luar biasa (berpengaruh), berhenti semua.  Penenun, gak ada lagi pesta, pemain keyboard, gak ada lagi, penyanyi, hotel, semua tutup, luar biasa, termasuk gereja, tempat ibadah tutup semua. Mungkin sekitar tiga perempat penduduk Tapanuli Utara terkena imbasnya. Nah, kita harapkan itu tadi, pelan tapi pasti (proses penyaluran bantuan-red),” tutup Nikson.

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed