oleh

Waspada, Tren Positif Covid-19 di Sumut Kembali Meningkat

Rakyatsumut.com, Masyarakat di Sumatera Utara diminta agar semakin meningkatkan kewaspadaannya. Pasalnya tren positif covid-19 di daerah tersebut kembali meningkat sejak Minggu (3/5/2020) hingga hari ini, Senin (4/5/2020).

Tren ini meningkat setelah pertumbuhan positif Covid-19 di Sumut tercatat nihil selama tiga hari berturut-turut. Disebutkan, semula jumlah positif Covid-19 berada di angka 117, saat ini bertambah 7 menjadi 124 orang pada hari Minggu dan bertambah 5 lagi menjadi 129 orang per tanggal 4 Mei 2020 pada pukul 16.00 WIB.

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di wilayah tersebut saat ini sebanyak 162 orang, pasien sembuh 41 orang, dan meninggal 13 orang.

“Untuk itu, kembali diingatkan agar kita lebih banyak menahan diri tidak keluar rumah,”

Kata Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut Aris Yudhariansyah melalui konferensi video di Media Center GTPP Covid-19 Sumut, Kantor Gubernur Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (4/5/2020).

BACA JUGA:

Aris mengimbau, kalaupun harus keluar rumah, masyarakat sebisa mungkin diminta hindari tempat-tempat umum seperti stasiun, pasar dan jangan lakukan perjalan jauh.

“Karena, tidak bisa kita tahu siapa pembawa virus. Orang yang tampak sehat pun bisa membawa virus atau disebut Orang Tanpa Gejala (OTG),” ujarnya.

Aris menekankan agar masyarakat mulai beralih menggunakan layanan dan aplikasi online. Apalagi, saat ini sudah banyak layanan dan program yang menyediakan jasa online. Seperti belanja online, bahkan aplikasi kesehatan medis untuk konsultasi kesehatan.

“Jadi, tidak perlu ke rumah sakit yang berpotensi membuat anda terpapar Covid-19 saat menuju ke rumah sakit atau saat mengantri di rumah sakit,” kata Aris.

GTPP sendiri sudah mengerahkan berbagai cara maksimal untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Salah satunya yakni melakukan pengujian sampel secara masif, pelacakan agresif, hingga isolasi secara ketat.

“Terkait pengujian sampel, GTPP Sumut telah mengirimkan 855 sampel ke laboratorium PCR USU dan yang belum keluar hasilnya sebanyak 291 sampel. Untuk Litbangkes telah dikirimkan 930 sampel, tinggal 42 yang belum ada hasilnya,” kata Aris.

Editor: Ariandi

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed