oleh

Rata-rata, 25 Gempa Terjadi di Sumut dan Aceh Setiap Minggu

Rakyatsumut.com, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, mencatat sebanyak 25 kali gempa terjadi di Sumatera Utara dan Aceh, setiap minggu.

“Wilayah Sumut Dan Aceh merupakan daerah mempunyai aktivitas gempa yang tinggi, dalam seminggu kita mencatat sekitar 25 gempa setiap minggu-nya, artinya, rata-rata ada 4 sampai dengan 5 event (gempa-red) setiap harinya,” kata Kabid Datin BBMKG Wilayah I Medan, Eridawati, kepada Rakyatsumut.com dalam wawancara pesan elektronik, Sabtu (2/5/2020).

Eridawati menuturkan, terdapatnya Sesar Sumatera di Sepanjang pulau Sumatera dari Lampung sampai ke Aceh dan juga jalur Subduksi, menjadi pemicu tingginya intensitas gempa.

“Kedua hal ini menjadi pemicu aktifitas gempa di Sumatera,” katanya.

Soal prediksi ke depan, Eridawati mengaku hal tersebut tak bisa dilakukan. BMKG, kata Eridawati hanya dapat merangkum data jumlah gempa secara periodik.

“Aktifitas yang kita rangkum setiap minggunya dan kita kumpulkan perbulan dan seterusnya, dapat membuktikan kalau daerah Sumut dan Aceh, atau Sumatera pada umumnya mempunyai aktifitas gempa yang tinggi,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Atas intensitas gempa yang tinggi, Eridawati menuturkan agar masyarakat memahami kondisi geologis tersebut. Dia pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan dengan memperhatikan hal-hal yang dilakukan ketika gempa terjadi.

Contohnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” kata Eridawati.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” timpalnya.

Diketahui gempa tektonik dalam tiga hari terakhir tercatat beberapa kali terjadi di Sumut dan Aceh. Misalnya gempa berkekuatan di atas 5,0 Skala Richter terjadi di 2 lokasi, yakni di Padang Lawas, Sumatera Utara, Kamis (30/4/2020) dengan magnitude 5,6 Skala Richter. Kemudian gempa di Sinabang, Aceh berkekuatan 5,0 Skala Richter yang terjadi pukul 00:10 WIB, Sabtu (2/5/2020) dini hari.

Selain gempa di atas 5,0 Skala Richter. Gempa berkekuatan kecil juga terjadi. Di antaranya gempa berkekuatan 2,5 Skala Richter yang kembali terjadi di Padang Lawas, Jumat (1/5/2020) pukul 17:42 WIB. Menyusul gempa di Samosir, Sumatera Utara berkekuatan 3,0 Skala Richter pada pukul 03:21 WIB, Sabtu (2/5/2020) dan teranyar gempa 3,3 Skala Richter di Kabupaten Naganraya Aceh, pukul 10:20 WIB.

Editor: Rommi Pasaribu

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed